NASA Crawler Transporter

Apa bayangan Anda mengenai kendaraan terbesar yang pernah diciptakan? Truk eskavator, bus tingkat, truk tambang? Ternyata itu termasuk kendaraan “biasa”. Karena, ada kendaraan yang ukurannya sebesar lapangan sepak bola.

Kendaraan raksasa ini tidak hanya digunakan untuk keperluan proyek dan mengangkut barang, termasuk ada yang digunakan di jalanan umum. Penasaran layaknya apa wujudnya?

1. NASA Crawler Transporter

Pada 1965, NASA mengembangkan dua crawler-transporter sbobet parlay untuk membawa roket ke landasan peluncuran mereka. Saat itu, kendaraan pengangkut yang sangat besar ini miliki panjang 39.929 meter, lebar 34.747 meter, dan juga tinggi lebih berasal dari 6.096 meter. Ini merupakan kendaraan darat self-powered terbesar di dunia.

Transporter yang diberi nama Hans dan Franz itu kini digunakan untuk mengangkut shuttle pada Vehicle Assembly Building dan Launch Complex 39.

2. Bagger 288

Bagger 288 selesai dibangun pada 1978, ekskavator roda ember itu miliki tinggi 94,79 meter, panjang 214,88 meter, dan berat 41276,9 ton. Kendaraan tersebut menukar Crawler Transporter punya NASA sebagai kendaraan darat terbesar di dunia.

Baca juga:

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Motor Tercepat di Dunia 2023, Top Speed-nya Bukan Main Cuy!

Mesin super besar ini digunakan di tambang strip Hambach di Jerman, dan menggali sampai 240.000 ton batu bara tiap-tiap hari. Bahkan ukurannya setara lapangan sepak bola.

3. Caterpillar 797B

797B adalah jenis generasi ke dua dalam jajaran 797 truk pengangkut powertrain mekanis Caterpillar yang diproduksi khusus untuk pertambangan mengolah tinggi dan aplikasi konstruksi tugas berat.Mengikuti jejak pendahulunya yang sangat masif, jenis ini miliki kapasitas muatan 345 ton, menjadikannya keliru satu kendaraan terbesar di dunia.

4. BelAZ 75710

Truk angkut kelas ultra besar ini miliki panjang 20,6 meter. Sama dengan panjang dua bus tingkat yang diparkir. Sedangkan tingginya meraih 8,16 meter dan lebar 9,87 meter. Dibangun untuk perusahaan pertambangan Rusia, BelAZ 75710 miliki berat 360 ton, yang lebih berasal dari pesawat penumpang Airbus A380 yang terisi penuh. Kapasitas muatannya meraih 408.233 ton, terbesar berasal dari semua truk sampah.

5. Dodge Power Wagon

Truk pikap raksasa ini adalah replika berukuran super berasal dari Dodge Power Wagon klasik tahun 1950-an. Ukurannya kira-kira delapan kali ukuran Dodge asli, kendaraan raksasa ini miliki berat lebih berasal dari 50 ton dan bisa mengangkut semua isi apartemen di dalamnya.

Dimiliki oleh Sheikh Hamad yang kaya, interior truk menawarkan empat kamar tidur ber-AC, area tamu, kamar mandi, dan beranda bak truk.

Tak heran, kendaraan raksasa ini menyandang predikat truk pikap terbesar yang pernah dibuat. Bukan hanya sebagai pajangan, kendaraan ini beroperasi penuh dan bahkan terdaftar untuk digunakan di jalanan Abu Dhabi.