Alami Dehidrasi, Ini Daftar Minuman yang Wajib Dikonsumsi

Selain air putih, sebenarnya masih ada banyak pilihan minuman untuk dehidrasi yang mampu mengembalikan cairan tubuh kamu. Jadi, bila kamu bosan dengan air putih, pilihan minuman tersebut baik untuk merehidrasi tubuh kamu setelah berolahraga atau pasca mengalami diare.

Dehidrasi terjadi akibat kehilangan lebih banyak cairan daripada yang kamu konsumsi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kamu mengalami kondisi tersebut, seperti cuaca yang panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Selain kehausan, kamu mungkin bisa merasa pusing, lelah, mulut kering atau bahkan pingsan bila mengalami dehidrasi. Untungnya, ada banyak pilihan selain air putih untuk menyelamatkan kamu dari kondisi tersebut berikut ini!

Berbagai Minuman yang Bisa Mengatasi Dehidrasi
Berikut beberapa pilihan minuman untuk dehidrasi:

  1. Air Putih

Air putih tetap menjadi pilihan minuman terbaik untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, minuman ini juga mudah ditemukan di mana saja.

Kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih selama dan setelah berolahraga untuk membantu menggantikan cairan yang hilang karena keringat.

Kamu juga perlu banyak minum ketika kamu sakit, seperti demam atau diare.

  1. Infused Water

Selain menyehatkan, infused water juga bisa menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi yang menarik daripada air putih.

Dengan menambahkan buah-buahan segar ke dalam air putih kamu, kamu bisa membuat minumanmu lebih berasa tanpa perlu menambahkan gula.

Cobalah untuk menambahkan buah-buahan, seperti lemon, stroberi, atau mentimun, ke dalam air putih untuk menghidrasi tubuh kamu.

  1. Jus Buah Tanpa Gula

Jus buah mengandung sekitar 85 persen air, yang membuatnya menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi yang baik.

Vitamin dalam buah-buahan alami juga menyehatkan. Namun, pastikan kamu memilih jus buah 100 persen ya dan perhatikan kandungan gulanya.

Pasalnya, jus buah biasanya mengandung gula tambahan, yang justru bisa menghambat hidrasi. Jadi, lebih baik buat jus buah sendiri dan hindari menambahkan gula ke dalamnya.

  1. Air Kelapa

Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuhmu membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mengatasinya.

Pada kebanyakan kasus, kamu juga perlu mengganti elektrolit yang hilang dalam cairan tubuh, seperti keringat dan urine.

Nah, air kelapa mengandung lima elektrolit utama, yaitu kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan natrium.

Itulah mengapa air kelapa bisa menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi yang baik, karena bisa memberikan cairan yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit, serta beberapa karbohidrat.

  1. Susu

Tidak hanya bisa memberikan cairan yang sangat dibutuhkan tubuh saat dehidrasi, susu juga bisa memberikan protein, karbohidrat dan sedikit lemak yang bisa membuat kamu kembali berenergi dan bersemangat.

Susu juga merupakan pilihan minuman yang baik untuk merehidrasi tubuh, karena mengandung banyak elektrolit bermanfaat. Kandungan natriumnya juga bisa membantu tubuh menahan lebih banyak cairan.