ALVA ONE, Pahami Gaya Hidup Baru Masyarakat Urban

ALVA ONE! Yup, motor listrik terbaru bergaya keren ini resmi diluncurkan PT Ilectra Motor Group (IMG), di ajang GIIAS 2022 Agustus lalu dan…VIRAL!

Sempat kami bingung, diantara sekian APM raksasa jepang yang memajang produk roda empat terbarunya, ALVA ONE menjadi satu-satunya kendaraan roda dua berbasis listrik yang berada di hall utama 3A bersama dengan Toyota, Honda dan merek besar lainnya.

ALVA ONE merupakan produk pertama IMG buatan Indonesia yang diproduksi di Cikarang. Untuk meyakinkan, IMG siap memberikan jaminan garansi baterai selama tiga tahun juga warranty spare parts selama dua tahun atau hingga jarak tempuh mencapai 20.000 KM.

Dengan target kaum urban mobility, rasanya ALVA ONE cocok untuk pasar motrik (motor elektrik) tanah air. Dimensinya pun pas, macam Honda PCX atau Yamaha Nmax.

Untuk desainnya, ALVA menggandeng designer ternama, Massimo Tartarini (President & CEO of ITALJET) dalam pembuatan motor ini. Bisa terlihat, Air intake dan swing arm menjadi bagian trademark tersendiri bagi ALVA ONE, yang bikin motor ini terlihat mahal.

Headlamp sudah berteknologi full LED. Mungkin menjadi daya tarik sendiri bagi siapapun yang melihatnya. Jujur, reflektor lampu ini makin menarik dengan permainan garis V yang keren. Dari depan, bodinya terlihat gambot dipadu stang model terbuka tanpa cover.

Ada permainan layer bodi di sisi kiri dan kanan juga bawahnya. Bodi belakangnya membelah ruas inner panel tengah, dan menampilkan aksen garis-garis tajam yang sporty.

Empat Jam Untuk Charging
Untuk sumber dayanya, ALVA ONE mengusung tipe baterai lithium ion berkapasitas 60 V – 45 Ah (2,7 kWh), yang fleksibel saat harus melepas atau memasangnya. Motor ini mengandalkan drive hub atau wheel hub yang menyatu dengan velg belakang sebagai penggeraknya. Kedua kakinya mengandalkan velg berukuran 14-inci dengan balutan ban Michelin.

Untuk mengisi daya, cukup tekan tombol maka soket utama akan terbuka di bagian tengah dek layaknya isi bensin motor skutik biasa. Saat membuka jok, terdapat charger berukuran besar di ruang bagasinya. Nah, untuk pengisian satu baterai hingga penuh, hanya memerlukan waktu 4 jam.

Baterainya bisa langsung dipasang dua, ataupun satu saja. Untuk daya jelajah per baterai, bisa mencapai jarak 70 km. Namun sayang sekali, bagasi motor listrik ini tidak cukup untuk menampung helm model apapun karena daya tampung yang minim.

Yang menjadi kelebihannya, ALVA ONE dapat dinyalakan secara otomatis dari jarak jauh. Dilakukan dengan menggunakan remote kunci atau smart phone Anda melalui aplikasi ALVA mobile APP yang terkoneksi dengan motor. Enaknya, aplikasi ini bisa didaftarkan untuk lebih dari satu orang pengguna.

Selain itu, aplikasi tersebut siap menjadi remote On/Off, GPS locator and tracker, battery monitoring, charging station locator, ALVA Experience center locator, ALVA roadside assistance, monthly saving estimator dan bike sharing access.

Pengendaraan Alva One
Saat membawanya jalan, kami langsung menggeser tombol Ride Mode dengan pilihan ECO/CRUISE/E-SPORT. Satu persatu kami coba. Ketiga mode ini memiliki daya torsi yang sama, namun dibatasi secara batas kecepatan saja. Output maksimal yang dilepas motor listriknya sebesar 4 kW atau setara 5,4 HP dengan torsi sebesar 46,5 Nm.

Tenaga cukup agresif saat kami memutar grip, hentakan tenaga meningkat secara linear dan terus mengisi sampai limit kecepatan 90 km/jam. Selain itu, motor ini memiliki tombol reverse, alias mundur. Ini untuk memudahkan kami saat parkir.

Kenyamanan lainnya, posisi berkendara bisa selonjoran, namun karena joknya agak lebar, mungkin pengendara dengan tinggi dibawah 170 cm akan sedikit kewalahan.