stick ps5

Seiring dengan pengumuman resmi konsol game Rtp Slot Pragmatic Sony PlayStation 5 (PS5), para gamer harus mengetahui beberapa perubahan yang terjadi pada aksesoris pendukungnya, seperti desain dan teknologi controller yang semakin canggih. Kamu perlu mengetahui beberapa update di pasaran saat ini mulai dari Playstation nya hingga Controller.

Terjadinya beberapa update pada produk memberikan pengaruh pada penggunaan controller. Kamu perlu tahu harga juga fitur yang diberikannya. Jika dilihat dari sejaranya, permainan yang menggunakan konsol PlayStation ini selalu memiliki beberapa update yang sering terjadi.

Spesifikasi Controller PS5 DualSense

Ketika telah lama ditunggu-tunggu oleh penggunanya akhirnya DualSense Controller ini akan segera diluncurkan. Menggantikan kehadiran DualShock4 dengan berbagai fitur yang dijanjikannya.

Konsentrasi yang ditekankan

Sony berupaya untuk menekankan berbagai upaya sehingga mampu mencoptakan pengontrol yang terbaik dan unik. Seperti pemberian pengalaman kontrol dan bermain yang lebih akuran dan efektif.

Desain

Segi desain yang diberikan untuk stik Sony yang satu ini memang terlihat sangat futuristik. Warna yang diberikan memang ada dua putih dan hitam namun, mayoritas menggunakan warna putih. Gaya yang diberikan sangat unik dengan penambahan lampu yang terkesan mewah. Ukuran yang dimilikinya juga lebih ramping dan elegan.

Memiliki umpan balik haptick ke pemicu

Kemiripan yang dimilikinya hampir sama seperti controller pada Xbox One. Kemudian ditambahkan internal microphone yang diintegrasikan ke dalam pengeras suara. Menjadikannya terkesan lebih unik dan menarik.

Perubahan teknologi yang drastis terkadang membuat beberapa orang harus selalu update. Saat ini dengan isu kemunculan PlayStation 5 saat ini banyak update pada fitur, desain, serta berbagai hal lainnya.

Controller pada PS5 juga dipastikan berbeda dari yang lainnya. Di lihat dari sejarahnya dengan fitur yang berbeda maka pada PS5 kali ini akan jauh lebih nyaman Ketika digunakan.

Perbedaan Controller PS5 dari Generasi Sebelumnya

1. Controller PS1

Di luncurkan pertama tahun 1944

Pertamakali Perusahaan Sony meluncurkan konsol juga controller untuk PlayStation dilakukan pada tahun 1944 berkolasi di Jepang. Masa ini menjadi sejarah pertama Sony meluncurkan permainan Game dengan konsolnya. Sampai saat ini controller dan console dari Sony masih banyak digunakan.

Desain consol pertama

Sewaktu pertama kali diluncurkan, stik yang dibuat oleh Sony memang terinspirasi dari Super Nintendo Entertainment System (SNES). Desain dengan karakteristik Panjang di sisi kiri dan kanannya untuk memegang stik.

Baca Juga : Inilah Teknologi Yang Sudah Sangat Pintar Yang Ada Pada Mainan Anak-Anak

Generasi pertama ini mengusung tombol dengan arah D-Pad. Kemudian ada beberapa tombol untuk melakukan aksi dengan bentuk Segitiga, Bulat, Silang, kemudian Persegi. Tombol ini memang identik dengan konsol yang digunakan oleh PlayStation. Bahkan desain ini dan tombol-tombolnya masih digunakan hingga saat ini.

Perancang pertama bernama Teiyu Goto

Perancang pertama yang meluncurkan dan membuat PlayStation saat itu adalah Tiyu Goto. Mengatakan bahwa pada stik PS yang menggunakan tombol tersebut memiliki makna tersendiri. Seperti bentuk bulat dan silang sebagai presentasi pilihan Ya dan Tidak. Membuat penggunanya menjadi lebih mudah untuk mengoperasikan dan terbiasa dengan tombol-tombolnya.

Bentuk persegi yang memiliki bentuk seperti kertas itu dijadikan pilihan sebagai menu. Untuk segitiga analoginya digunakan untuk tombol sudut pandang. Selain itu Sony menciptakan tombol lain seperti L1, R1, L2, dan R1 yang diletakan di sisi atas pada saat itu untuk memudahkan kontrol.

2. Controller PS1 dan PS2

Waktu peluncuran

Stik yang digunakan untuk PS2 dan PS3 pada saat itu terkenal dengan nama Dual Shock Controller dan Dual Shock 2. Keduanya diluncurkan pada waktu yang berbeda untuk DualShock di luncurkan pada tahun 1997. Sedangkan untuk DualShock 2 diluncurkan pada tahun 2000.

Perbedaan pada warna

Untuk DualShock yang notabenenya digunakan pada PS1 memiliki warna putih. Sedangkan untuk konsol di PS2 memiliki eksterior yang berwarna hitam juga lebih ramping.

DualShock memiliki motor di dalamnya

Peluncuran DualShock pada saat itu menggunakan sepasang motor. Nantinya memiliki fungsi untuk menggetarkan stick dan membuat permainan terasa lebih real. Bagian yang ada pada sticknya juga berbeda dengan permukaan yang tidak cekung dan menggunakan karet bertekstur. Menjadikannya sebagai pelopor untuk penggunaan PS2 pada konsol dari PlayStation hingga saat ini.

Konektor pada DualShock 2

Perbedaan yang paling jelas ada pada segi konektornya. Bentuk konektor pada DualShock 2 ini memiliki bentuk persegi. Bahkan sudah memiliki analog dengan penambahan sensitifitas pada segi tekanan dari gamenya.

Membidik dan menggunakan analog

Setelah diluncurkan, Sony menciptakan sebuah inovasi dengan menambahkan analog di bagian stiknya. Keberadaan analog berfungsi untuk melakukan pembidikan dan melakukan Gerakan yang lebih cepat ke bagian musuh.

3. Controller Sixaxis Untuk PS3 dan DualShock 3

Hadir beriringan dengan PS3

Tepat pada tahun 2006 PS3 mulai diluncurkan beriringan dengan controller yang bernama Sixaxis. Merupakan salah satu controller pertama dengan fitur wireless yang dimiliki oleh Sony. Meskipun setelah masa peluncurannya tidak dapat bertahan lama di pasaran.

Digantikan oleh DualShock3

Perilisan pertama controller berjenis DualShock 3 ini terjadi pada acara tahunan Tokyo Game Show tahun 2007. Menghentikan waktu produksi dari produk Sixaxis di tahun 2008 yang menjadikan DualShock3 ini resmi menjadi stik PS3.

Fitur yang dimiliki

Segi fitur pada DualShock3 memang lebih simpel dibandingkan dengan Sixaxis. Terdapat sebuah vibrator baru pada bodinya dengan penambahan komponen untuk memberikan getaran yang terasa lebih nyata pada saat dimainkan.

4. Controller PS4 DualShock4

Bentuk fisik

Controller pada DualShock4 ini memang jauh berbeda dari versi yang sebelumnya. Bentuk yang dimilikinya lebih lebar namun dibuat sedikit kurang tajam. Memiliki tambahan lampu di bagian depannya dan bisa berubah warna untuk memberikan reaksi yang berbeda tergantu permainannya.

Memiliki tombol tambahan

Sony sempat mengkonfirmasi jika controller ini memang dibekali dengan tombol tambahan sebagai pengganti pilih dan bagikan. Secara garis besar harga PS4 memang lebih mahal pada saat itu. Tombol yang diganti saat itu juga termasuk Select dan Start yang digantikan dengan Share dan Option. Yang lebih relevan dengan era social media.

Dukungan lainnya

Memiliki dukungan motion detection kemudian lampu Light Bar yang menyala dengan berbeda warna. Hal ini yang menjadikan stik pada DualShock4 ini berbeda dari yang lainnya. Tentu sistem kendalinya jauh berbeda dari versi sebelumnya.

Tentang PlayStation 5

Situasi pasar PlayStation saat ini semakin ramai dengan diumumkannya konsol PS5 secara resmi pada 11 Juni 2020. Terdapat beberapa kelebihan dari PS5 yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Seperti dukungan untuk grafis yang bisa mencapai 8K, penggunaan Ray Tracing, Storage SSD yang super kencang juga bisa di dapatkan.

Konsol yang dimiliki oleh PS5 mendukung penggunaan CPU yang mencapai 8 Core milik AMD. Basis yang digunakannya mencontoh arsitektur atau desain dari Zen 2 dan GPU dilengkapi oleh AMD Radeon dengan basis arsitektur Navi. Perlahan desain pada PlayStation dan consolnya semakin mengalami perubahan. Kamu bisa menikmati sesuatu yang baru dan lebih memuaskan.