Begini Cara Mengatasi Rem Blong Dengan Mobil Ber-EPB

Kali ini tim Kami bersama ahli Defensive Driving dari Indonesia Defensive Driving Canter akan membeberkan cara mengatasi rem blong pada mobil ber-EPB

Rem parkir atau akrab disebut dengan rem tangan memang bisa menjadi rem darurat ketika mobil dalam keadaan emergency. Contohnya rem blong alias tidak berfungsi, rem parkir bisa menggantikan rem utama (service brake).

Tapi hal tersebut berlaku hanya untuk mobil yang rem parkirnya masih full manual alias tidak menganut Electronic Parking Brake (EPB). Lantas bagaimana cara pengemudi merespon rem blong apabila rem parkir mobilnya menganut EPB?

Perlu Tindakan Tepat

Menurut Bintarto Agung selaku Direktur Indonesia Defensive Driving Canter (IDDC) untuk merespon rem blong pada mobil yang sudah menganut sistem EPB pada rem parkirnya perlu tindakan yang benar.

Tentu saja tidak bisa asal jentikkan jari Anda ke EPB, karena respon tiap mobil akan berbeda. Lakukan “Step-step lainnya seperti down shift, engine brake, pumping the brake pedal (untuk mendapatkan braking power kembali),” terang om Tato sapaan akrab Bintarto Agung.

Masih menurut pria yang gape (jago) nyetir mobil reli penggerak roda belakang ini, “Serempetkan ke guard rail, tembok, tebing masih dapat dijadikan step-step untuk merespon situasi brake system failure tersebut,” kata om Tato.

Karena sejak diaplikasikannya fitur elektronik parking brake pada kendaraan modern menarik rem tangan atau rem parkir menjadi kurang sesuai Standard Operation Procedure (SOP) tersebut di mobil kekinian.

“Kalau pada kendaraan besar (head truk, truk trailer, bus) yang telah menggunakan full pneumatic air brake system yang dilengkapi dengan double brake chamber, save mode system rem nya saat mengalami brake system failure akan mengunci pada penggerak roda belakang dan atau trailernya,” tutup om Tato.