Beragam Fungsi Penting Vesikula Seminalis

Tingkat kesuburan pria tidak bisa terlepas dari fungsi vesikula seminalis yang sehat. Fungsi vesikula seminalis ini berkaitan erat dengan produksi sperma, sehingga gangguan pada organ ini akan menyebabkan masalah pada proses reproduksi pria secara keseluruhan.

Vesikula seminalis merupakan organ yang berperan penting dalam sistem reproduksi pria. Vesikula seminalis terletak di belakang kandung kemih, tepatnya di atas kelenjar prostat dan di depan rektum. Organ ini bertekstur lunak dan berukuran sekitar 5–7 cm.

Beragam Fungsi Penting Vesikula Seminalis
Sebagai bagian dari sistem reproduksi pria, beberapa fungsi vesikula seminalis adalah untuk:

  1. Memproduksi air mani

Air mani atau semen adalah gabungan antara sperma dan cairan pembawanya. Sperma sendiri diproduksi oleh testis, sementara cairan pembawanya paling banyak diproduksi oleh vesikulas seminalis. Namun kelenjar lainnya, seperti kelenjar prostat dan kelenjar bulbouretra, juga turut berkontribusi pada produksi cairan ini.

  1. Memberi energi pada sperma

Sperma membutuhkan energi untuk bergerak. Vesikula seminalis melepas cairan yang tinggi gula, terutama jenis fruktosa. Cairan inilah yang digunakan sebagai makanan atau sumber energi bagi sperma.

  1. Mengeluarkan air mani

Saat pria sedang terangsang dan hendak ejakulasi, vesikula seminalis turut berperan mendorong air mani keluar dari uretra agar masuk ke dalam saluran reproduksi wanita saat berhubungan intim.

  1. Menghasilkan air mani yang bersifat lengket

Fungsi lain vesikula seminalis adalah membuat air mani yang bersifat lengket, sehingga air mani mampu menempel lebih lama di dalam saluran reproduksi wanita. Dengan begitu, sperma akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa bertemu dengan sel telur.