Cara Awal Menyembuhkan Eksim Secara Total

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan sensasi gatal dan kemerahan pada kulit. Jika digaruk terus menerus, eksim bisa menyebabkan kulit menjadi lecet.

Penyakit ini disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh, adanya paparan atau iritan terhadap alergen, terlalu banyak menggaruk, kondisi kulit yang terlalu kering, genetik, serta masalah pada tekanan darah.

Rasa gatal yang disebabkan oleh eksim bisa membuat keseharian kamu kurang nyaman. Oleh karena itu, ketahuilah cara mengobati eksim yang efektif dengan cara berikut!

Baca Juga: https://smkn36jakarta.com/

Perawatan dan Cara Menyembuhkan Eksim Secara Total

Gejala penyakit kulit eksim biasanya adalah kulit memerah, kering, bersisik, pecah-pecah dan gatal. Selain obat-obatan kimia, cara mengatasi eksim juga bisa dilakukan dengan bantuan obat-obatan herbal dan alami.

  1. Ganti Deterjen Pakaian

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk meredakan eksim adalah dengan mengganti deterjen pakaian yang sedang kamu pakai. Deterjen bisa menjadi salah satu faktor penyebab kondisi eksim semakin parah.

Untuk alternatif yang lebih aman, kamu bisa menggunakan deterjen atau pelembut pakaian berjenis cair dan yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

  1. Hindari Jenis Bahan Pakaian Tertentu

Bahan pakaian tertentu, seperti bahan wol, mohair, dan serat dapat membuat kulit iritasi hingga gatal-gatal. Kamu bisa menggantinya dengan mengenakan pakaian yang berbahan lebih lembut dan nyaman di kulit, seperti linen, katun, ataupun sutra.

  1. Hindari Pakaian yang terlalu Ketat atau Kasar

Selain jenis bahan tertentu, model dan ukuran pakaian yang harus kamu perhatikan saat sakit eksim adalah pakaian yang terlalu ketat dan kasar sehingga menyebabkan iritasi pada kulit.

Solusinya adalah dengan memilih pakaian yang lebih longgar, lembut, dan dapat menyerap keringat dengan mudah.