Polusi udara yang tinggi dan cuaca panas rentan untuk menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik supaya tubuh tetap bugar, sehingga Anda dapat beraktivitas dengan nyaman.  

Polusi udara yang tinggi dapat berdampak buruk terhadap imunitas tubuh, sehingga membuat Anda rentan untuk terkena penyakit. Apalagi, jika ditambah dengan cuaca yang panas. Risiko untuk alami dehidrasi akan meningkat, bila Anda tidak mengonsumsi air putih yang cukup.

Efeknya, Anda berisiko untuk alami pusing, sulit konsentrasi, bahkan mudah marah. Sementara, udara yang tercemar bukan hanya dapat membuat imunitas tubuh menurun, tetapi juga bisa merusak kesehatan paru-paru. Tak heran, risiko untuk terkena infeksi pernapasan, seperti ISPA, pneumonia, dan bronkitis akan meningkat.

Bahayanya polusi udara tinggi dan cuaca panas tentu tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik supaya tidak mudah untuk sakit.

Tips Tingkatkan Imunitas di Tengah Polusi Udara Tinggi dan Cuaca Panas

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah polusi udara tinggi dan cuaca panas. Berikut adalah caranya:

1. Gunakan masker

Untuk melindungi diri dari polusi udara di tengah cuaca yang panas, Anda disarankan untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Masker dapat menyaring partikel udara yang tercemar, sehingga tidak terhirup langsung oleh hidung ataupun mulut.

Masker yang digunakan untuk meminimalkan paparan polusi udara adalah masker N95. Masker ini dapat menyaring setidaknya 95% partikel debu dan polutan lain yang ukurannnya sangat kecil.

2. Makan makanan sehat

Polusi udara dan cuaca panas bisa membuat imunitas tubuh menurun. Oleh karena itu, Anda perlu membentengi diri dengan baik supaya tidak mudah jatuh sakit. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti ikan, daging rendah lemak, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Selain itu, pastikan pula makanan yang Anda konsumsi mengandung antioksidan yang tinggi supaya kesehatan paru-paru lebih terjaga. Dengan memiliki imunitas tubuh yang kuat, Anda menjadi lebih berenergi dalam menjalani akitivitas di tengah gempuran polusi udara yang buruk dan cuaca panas.

Baca Juga : 

Resveratrol, Ketahui 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Minum air putih yang cukup

Bukan hanya makan makanan bergizi, Anda juga perlu minum air putih yang cukup supaya lebih siap dalam menjalani aktivitas di luar ruangan dengan udara yang tercemar dan cuaca yang panas.

Alasannya selain dapat mencegah dehidrasi, minum air putih yang cukup juga baik untuk kesehatan paru-paru. Jadi, usahakan untuk minum air putih sebanyak sekitar 2 liter setiap harinya.

4. Minum minuman sehat

Minum minuman dingin dan manis, seperti jus kalengan atau soda memang terasa begitu menyegarkan ketika sedang menjalani aktivitas di tengah cuaca panas dan berpolusi. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman jenis terlalu banyak atau sering ini karena dapat berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

Daripada minum jus kalengan atau soda, konsumsi minuman sehat lebih dianjurkan. Salah satunya adalah susu steril, karena minuman ini mengandung banyak protein, vitamin D, kalsium, dan fosfor yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Susu steril adalah susu yang telah melalui proses sterilisasi, sehingga bebas dari kuman penyebab penyakit, tetapi kualitas dan kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Bahkan, ada pula susu yang diperkaya dengan bahan bernutrisi lainnya, seperti madu yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan.

Baca Juga : 

4 Gejala Awal Penyakit Asma yang Perlu Diwaspadai

5. Gunakan tabir surya

Tak hanya imunitas tubuh yang perlu dijaga, kesehatan kulit juga perlu untuk dipelihara dengan baik. Pasalnya, bukan hanya paparan sinar matahari saja yang dapat merusak dan memicu penuaan kulit, polusi udara juga demikian.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara dengan memakai tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih bisa melindungi kulit dengan baik, sehingga kulit lebih terjaga kesehatannya.

Selain memakai tabir surya, Anda juga disarankan untuk mengenakan pula topi, kacamata hitam, serta pakaian berwarna terang, longgar, dan mudah menyerap keringat. Tujuannya supaya Anda tetap merasa nyaman saat beraktivitas di cuaca panas dan berpolusi.

6. Pilih olahraga yang tepat

Olahraga rutin dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga tidak mudah lelah, memperkuat daya tahan tubuh, dan membuat tubuh terasa lebih segar. Ini akan sangat membantu tubuh Anda untuk menghadapi pengaruh polusi udara yang buruk dan cuaca panas.

Namun, Anda harus lebih jeli dalam memilih waktu dan jenis olahraga yang dilakukan. Jika polusi udara di sekitar Anda sedang tinggi, Anda dianjurkan untuk menghindari kegiatan berolahraga pada dini hari dan malam hari.

Bila pun ingin tetap berolahraga pada waktu tersebut, sebaiknya lakukan di dalam ruangan. Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, yaitu yoga, zumba, lari di atas treadmill, dan pilates.

Penting untuk menerapkan cara meningkatkan imunitas tubuh di tengah polusi udara yang tinggi dan cuaca yang panas, supaya Anda tetap fit untuk melakukan berbagai kegiatan.

Jika tubuh Anda terasa sangat lelah saat beraktivitas, jangan dipaksakan. Segera minum air putih atau minuman sehat lainnya, seperti susu agar tubuh dapat kembali berenergi dan imunitas tubuh lebih terjaga.

Bila Anda merasa menjadi rentan untuk sakit padahal sudah menerapkan cara meningkatkan imunitas tubuh di tengah polusi udara tinggi dan cuaca panas, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.