Cara Jitu Menambah Berat Badan Anak yang Kurus agar Ideal

Masa pertumbuhan gemilang anak-anak harus terus dalam pantauan orang tua. Di fase tersebut, anak-anak sangat butuh asupan gizi dan nutrisi yang tepat untuk menunjang pertumbuhannya.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk betul-betul menaruh perhatian pada makanan dan minuman apa yang menjadi asupan gizi anak. Sebab anak-anak pun bisa kelebihan maupun kekurangan berat badan.

Kelebihan berat badan pada anak biasanya memang lebih mudah disadari. Namun, jangan sampai mengabaikan berat badan yang di bawah batas normal pada anak. Ada berbagai cara untuk meningkatkan berat badan anak, lho.

Ingin meningkatkan berat badan anak dengan sehat? Lantas bagaimana cara menambah berat badan anak sampai ke kategori berat badan normal? Cek selengkapnya di bawah ini.

  1. Pilih Makan Berkalori Tinggi

Anak-anak berusia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kilokalori (Kkal) per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.400 Kkal per harinya. Jika si kecil sudah memenuhi kebutuhan kalori per harinya tapi tetap masih kekurangan berat badan, kamu bisa tambah asupan kalori sebesar 500 Kkal setiap hari.

Menambahkan kalori sebesar tersebut dalam waktu 1 minggu bisa menambahkan 5 ons pada berat badan anak per minggunya. Makanan kalori tinggi yang sehat untuk menambahkan berat badan anak antara lain telur, pisang, alpukat, ayam, salmon, dan masih banyak lagi.

  1. Tambah Asupan Lemak

Menambah asupan lemak sehat pada anak yang kekurangan berat badan bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan anak yang jitu. Kamu bisa sisipkan lemak tambahan ini pada makanan sehat si kecil.

Misalkan, tambah keju leleh, saus krim, minyak zaitun, mentega, mayones pada pasta maupun sayur-sayuran. Kamu juga bisa ganti campuran air pada oatmeal atau sereal dengan susu segar.

Tambahan asupan lemak sehat tersebut ini sangat berguna terutama bagi anak-anak yang suka berolahraga. Selai kacang, kacang-kacangan, dan alpukat juga mengandung nutrisi yang dapat memulihkan peradangan akibat cedera yang mungkin terjadi saat olahraga.

  1. Tingkatkan Karbohidrat

Karbohidrat memang identik dengan makanan pokok seperti nasi. Namun, anak yang kekurangan berat badan cenderung tidak bisa makan dengan porsi besar. Menambah porsi nasi belum tentu berhasil dalam menambahkan asupan karbohidrat harian guna menggemukkan badan si kecil.

Solusinya, kamu bisa coba beri cemilan tinggi kalori seperti kismis, buah-buahan kering, madu, dan granola.