Cara Mempromosikan Blog Secara Online

Jika kamu baru saja membuat sebuah blog, kamu mungkin akan bertanya-tanya, cara mempromosikan blog ini secara online bagaimana ya? Mungkin akan terdengar sederhana, tapi hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Jika kamu memiliki hobi di bidang jurnalis dan ingin berbagi ilmu serta pengalaman terkait niche yang kamu sukai, mungkin akan bermanfaat jika kamu melakukan riset terlebih dahulu terhadap forum atau platform yang relevan. Setelah itu, kamu bisa memfokuskan kerjaan kamu untuk mulai menarik pembaca ke blog yang sudah kamu siapkan. Jika kamu sekarang berada di posisi ini, maka artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui semua hal yang perlu kamu lakukan saat melakukan promosi blog secara online.

Riset kata kunci yang relevan

Untuk bisa mempromosikan blog secara online, sebelumnya kamu harus bisa melakukan riset kata kunci yang relevan. Termasuk mengetahui kaca kunci mana yang paling dicari oleh target pengunjung blog kamu, dengan begitu kamu bisa meningkatkan lalu lintas blog kamu secara organik.

Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat konten yang akan diterima dengan baik oleh pengunjung blog, dan bisa mengungguli kompetitor blog kamu dalam jangka panjang. Jika kamu kesulitan untuk memulai, dengan browsing di internet kamu bisa menemukan beberapa alat riset kata kunci yang dapat digunakan untuk merampingkan seluruh proses pengerjaan dari awal sampai akhir.

Manfaatkan pemasaran melalui email marketing

Mungkin email marketing belum menjadi bentuk pemasaran yang paling populer saat ini, tapi dengan email ini kamu bisa menjadikannya sebagai alat efektif untuk mempromosikan blog dalam skala yang lebih luas. Kenapa seperti itu? Karena kamu dapat memberitahu pengunjung blog kamu tentang update terbaru dan informasi lainnya yang mungkin menarik bagi mereka, sehingga mereka terdorong untuk membuat sebuah keputusan.

Jika kamu ingin memperkuat hubungan dengan pengunjung blog, maka kamu bisa mencoba membuat pesan yang dipersonalisasi, sehingga bisa meyakinkan mereka bahwa kamu berterima kasih atas dukungan yang sudah diberikan dan dapat menginspirasi mereka untuk terus terlibat dalam pengembangan blog yang kamu miliki.

Membagikan konten melalui media sosial

Sebagai seorang penulis atau pembuat konten, akan sangat disayangkan jika kamu mengabaikan potensi yang dimiliki media sosial. Dengan membagikan konten di media sosial, selain memberikan update terbaru kepada pengikut setia blog, kamu juga bisa menjangkau target pengunjung yang lebih luas sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu. Apalagi untuk kamu yang baru mengenal dunia blogging, maka ini bisa menjadi cara hemat yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan blog.

Yang perlu kamu perhatikan adalah konten yang diposting harus terlihat berbeda dengan kompetitor, sehingga kamu bisa memberikan value kepada pengikut dan calon pengikut blog kamu. Selain itu, perhatikan juga media sosial yang kamu gunakan, karena pembaca yang ada di Facebook cenderung berbeda dengan pembaca yang ada di Linkedin.

Menulis Guest Posting untuk blog serupa

Jika kamu bergabung di komunitas blog, kamu bisa mengajak blogger lain untuk menulis Guest Posting. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat blog kamu terekspos dan mendapatkan lalu lintas pengunjung. Selain itu kamu bisa mempertahankan pembaca yang tertarik dengan topik blog kamu, dan memungkinkan untuk menjadi seorang figur di industri yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Jika kamu baru saja membuat blog atau hanya ingin meningkatkan jumlah pengunjung, mempromosikan blog akan sangat membantu kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Kamu bisa mencoba mengaplikasikannya dengan mengoptimalkan SEO blog, melakukan riset kata kunci yang relevan, memanfaatkan email marketing, dan jangan pernah bosan untuk membagikan konten blog melalui media sosial.