Cara mengaktifkan dan menggunakan eSIM di iPhone

eSIM sudah digunakan oleh Apple selama beberapa tahun belakangan ini, bahkan dimulai semenjak era iPhone X. Namun, di Indonesia, penggunaan eSIM masih sangat rendah dikarenakan masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya.

Menggunakan eSIM sebagai pengganti kartu SIM fisik memiliki banyak keuntungan, mulai dari keamanan yang lebih baik hingga dukungan untuk lebih dari satu saluran telepon pada satu perangkat. Namun, eSIM memiliki rangkaian proses penyiapan untuk dapat menggunakannya.

Tidak seperti SIM fisik pada umumnya, yang cukup memasukan SIM tersebut ke dalam slot SIM di perangkat dan langsung melakukan registrasi singkat.

Selain itu, belum begitu banyak operator seluler yang menyediakan eSIM di Indonesia. Baru terdapat dua operator yang menyediakan eSIM, yaitu Smartfren dan Indosat. Masing-masing operator seluler tersebut memiliki cara aktivasi eSIM yang berbeda-beda, namun pada intinya pengguna cukup membeli bundling eSIM beserta paket data yang ada dan melakukan aktivasi sesuai dengan regulasi dari masing-masing operator.

Apabila eSIM belum sepenuhnya berfungsi, cukup mulai ulang ponsel dan permasalahan tersebut akan teratasi. Dan jika Sahabat Tek ingin mengganti perangkat, eSIM tersebut dapat dipindahkan ke perangkat baru dengan cara seperti dibawah berikut.

Buka Pengaturan, Seluler, Tambahkan Paket Seluler, lalu pilih opsi Transfer dari iPhone lain. Dan pastikan kedua iPhone tersebut memiliki sistem operasi iOS terbaru, lalu lanjutkan dengan mengetuk Transfer dan memasukkan kode verifikasi yang muncul di iPhone baru Anda.

Itulah cara untuk menggunakan eSIM di iPhone, pastikan perangkat yang dipakai merupakan iPhone seri X dan terbaru. Karena pada perangkat sebelum versi tersebut, belum mendukung penggunaan eSIM.