Cara Mengobati Arthritis

Penyakit Arthritis – Seberapa sering kah kamu terserang nyeri sendi, linu ataupun kaku ketika beraktivitas? Jika intensitasnya cukup sering, bisa jadi kamu terserang arthritis!

Penyakit arthritis atau radang sendi merupakan kondisi terjadinya inflamasi atau peradangan pada sendi, yang bersifat kronis dan bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita.

Radang sendi pada umumnya menyerang orang dewasa berusia di atas 55 tahun. Meskipun demikian, bukan di bawah usia tersebut tidak terancam menderita penyakit ini, lho.

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan, 10,8% penderita arthritis di Indonesia berada pada kisaran usia 15-44 tahun. Jadi, kamu justru harus mulai waspada sedini mungkin!

Lantas, bagaimana jika beberapa kamu menderita beberapa gejala di atas? Apabila hal tersebut terjadi secara berkepanjangan, maka jangan ragu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis serta pengobatan yang tepat.

Untuk yang lebih suka menggunakan bahan-bahan alami, bisa gunakan bahan rumahan yang mudah didapatkan. Ini dia bahan-bahan alami rumahan yang dapat kamu gunakan untuk meredakan nyeri dan radang sendi:

  1. Kunyit

Zat kurkuminoid yang ada di dalam kunyit telah terbukti mampu mengurangi peradangan atau inflamasi dan rasa nyeri pada sendi. Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa olahan kunyit lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Bahkan, kunyit diklaim lebih ampuh dibanding obat-obatan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti diklofenak. Kurkumin bekerja menekan aktivitas atau proses inflamasi, dan sebagai penangkal radikal bebas.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang punya segudang manfaat bagi tubuh manusia. Jahe juga memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang dapat bekerja sebagai antiradang alami.

Penderita osteoarthritis mengatakan mengalami penurunan rasa sakit yang drastis setelah mengonsumsi 225 miligram (mg) suplemen jahe dengan teratur selama enam bulan.

Kamu bisa memanfaatkan jahe untuk mengatasi efek samping dari radang sendi seperti rasa mual yang dahsyat.

  1. Kayu Manis

Kayu manis dipercaya memiliki khasiat sebagai zat anti peradangan. Kayu manis bisa membantu mengurangi peradangan apabila digunakan dalam dosis yang tepat.

Karena penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkan penggumpalan darah. Manfaatkan kayu manis sebagai campuran bahan makanan atau disajikan dalam bentuk teh.