Cara Mengobati Mata Bintitan dan Ketahui Penyebabnya!

Apakah kamu pernah mengalami bangun tidur dengan mata bengkak kemerahan? Kondisi tersebut bisa jadi mata bintitan yang dapat timbul secara tiba-tiba, berupa benjolan warna merah seperti jerawat di area kelopak mata.

Penyebab utama mata bintitan adalah karena bakteri. Tapi kamu tak perlu khawatir karena bintitan tidak menular. Selain sakit, mata bintitan juga dapat mengganggu penampilan sehingga penderitanya pasti ingin sembuh dengan cepat.

Untuk mengobatinya, terdapat beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan da efektif untuk mengatasi mata bintitan. Apa saja? Simak berikut ini cara mengobati mata bintitan secara alami dan cepat!

Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami
Secara umum, mata bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-21 hari, terutama jika bintitan sudah pecah dan mengeluarkan nanah. Namun, memencet atau memecahkan bintitan sendiri tidak disarankan karena dapat memicu infeksi. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mata bintitan secara alami!

  1. Kompres Hangat

Kompres hangat menjadi cara menghilangkan bintitan yang paling paling efektif. Ini karena suhu hangat efektif mendorong seluruh nanah pada bintitan ke permukaan, sehingga nanah tersebut larut dan cairan akan keluar dengan sendirinya.

Caranya juga mudah, kamu cukup basuh handuk kecil bersih menggunakan air hangat dan pastikan airnya tidak terlalu panas. Lalu peras handuk agar lembab dan airnya tidak menetes.

Setelah itu, barulah letakkan di mata selama 5-10 menit. Lakukan cara ini sekitar 3-4 kali sehari sampai bintitan di mata kempes. Ingat, jangan pencet bagian yang bernanahnya, ya! Agar terhindar dari infeksi.

  1. Menggunakan Kantong Teh Hangat

Selain dikompres menggunakan air hangat, kamu juga bisa kompres menggunakan kantong teh hangat. Teh hitam dapat digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan karena memiliki sifat antibakteri.

Cara mengobati mata bintitan menggunakan kantong teh sangat mudah. Kamu tinggal menyeduh teh celup dengan air panas, diamkan semenit, lalu gunakan untuk mengompres mata.

Biarkan kompresan kantong teh mendining selama 5-10 menit. Lakukan cara ini sekitar 2 kali sehari, dan selalu gunakan kantong teh yang baru.

  1. Air Garam

Garam dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik alami untuk mengatasi bintitan. Caranya, larutkan garam ke dalam air hangat dan aduk hingga rata. Lalu celupkan kain lembut atau kapas ke dalam larutan air garam, dan kompres pada mata. Diamkan kompresan selama 15-20 menit, kamu dapat mengulanginya hingga bintitan mereda.