Beranda Health Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami, Mudah dan Ampuh!

Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami, Mudah dan Ampuh!

52
0
Cara Menurunkan Gula Darah secara Alami, Mudah dan Ampuh!
Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Gula darah tinggi (hiperglikemia) merupakan keadaan tubuh yang tidak bisa membawa gula dari darah ke dalam sel secara efektif. Biasanya, kondisi ini merupakan tanda-tanda penyakit diabetes atau penyakit gula kronis yang berlangsung panjang.

Adapun tingginya gula darah bisa disebabkan oleh gangguan insulin. Tetapi ada juga karena konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Seperti, sering mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan atau makanan dengan tinggi karbohidrat dan rendah serat dapat menjadi pemicu.

Untuk menghindari hiperglikemia ini, Kamu harus mulai hidup sehat dan memperhatikan asupan makanan dan minuman. Selain itu, masih banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gula darah, cek selengkapnya di bawah ini!

READ  Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan gula darah secara berlebihan. Yuk, cari tahu cara menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah berikut ini:

  1. Tetap Olahraga

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu gula darah tinggi. Dengan rajin olahraga, kamu bisa menurunkan berat dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Saat olahraga, otot kita juga menggunakan gula darah sebagai sumber energi. Alhasil, gula darah akan turun secara alami.

Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa mulai dari aktivitas yang ringan seperti jalan santai untuk menurunkan gula darah. Yuk, olahraga sekarang juga!

  1. Hindari Stres
READ  Manfaat Protein: Zat Pembangun dan Sumber Energi

Di era ini, tidak jarang menemukan orang yang stress apapun penyebabnya. Stres merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya gula darah tinggi.

Meditasi adalah salah satu cara menurunkan gula darah dengan menghilangkan stres. Sisihkan waktu untuk mengosongkan pikiran dari segala beban, belajar bernapas yang benar, dan tubuh kamu akan terasa lebih segar dan lega.

Tentunya, ada banyak cara lain untuk menghilangkan stres. Tapi, tidak ada salahnya mencoba meditasi di waktu luang kan?

  1. Perhatikan Asupan Karbohidrat
READ  Tes Fungsi Hati, Ini yang Harus Anda Ketahui

Bagi penderita diabetes, pastinya pernah mendengar dampak negatif karbohidrat ya. Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi gula dan glukosa, lalu insulin bekerja memindahkan gula ke dalam sel. Tentunya kerja insulin ada batasnya.

Saat kamu mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, insulin gagal memindahkan gula sehingga kadar gula darah naik.

Mulailah untuk konsumsi makanan low glycemic-index (GI) atau indeks glikemik rendah dari sekarang. Contohnya seperti beras merah, sayur, buah, kacang, dan yogurt. Jenis makanan ini bisa membantu menstabilkan gula darah.