Cara Self Healing Terbaik, Efektif Menyembuhkan Luka Batin

Apakah kamu pernah bertemu salah seorang disekitarmu yang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan hingga meninggalkan luka dan trauma dari masa lalu? Atau mungkinkah itu kamu yang tengah mengalami kegagalan dan penyesalan hingga akhirnya mengekang langkahmu untuk maju?

Bila benar kamu atau salah seorang disekitarmu sedang merasakan hal tersebut, jangan pernah merasa sendiri, setiap orang berhak untuk bahagia dan kamu pasti bisa berdamai dengan rasa trauma tersebut. Kamu dapat menyembuhkan rasa tersebut dengan melakukan self healing.

Self healing adalah proses yang perlu dilalui untuk memulihkan gambaran diri. Tujuan melalui proses ini adalah supaya kamu semakin mengenal diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan diri dan bangkit dari rasa penyesalan dan kegagalan yang sempat menghantui.

Bila kamu sanggup melewati proses self healing, kamu akan kembali sebagai pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya, lebih kuat dan mampu berdiri diatas permasalahan dan masa lalu yang pernah kamu hadapi.

Dalam menjalani proses self healing kamu perlu melakukan beberapa hal, termasuk melawan pikiran negatif dan berdamai dengan diri sendiri, selain itu ada beberapa tips yang juga dapat mendukung proses self healing:

  1. Sugesti Diri untuk Melawan Pikiran Negatif

Saat kamu tengah tenggelam dalam pikiran sendiri, apa saja yang kamu katakan dan pikirkan saat itu akan menentukan bagaimana diri kamu menanggapi dan menghadapi masalah.

Seringkali seseorang tanpa sadar sedang memelihara pikiran negatif dengan membiasakan diri mengatakan hal yang buruk terhadap dirinya sendiri. Kamu bisa mulai mensugesti diri untuk mengucapkan kata-kata yang positif setiap kali merasa terpuruk.

Mengucapkan dengan lantang dalam diri bahwa kamu mampu dan bisa melawan pikiran negatif akan mendorong kamu pelan tapi pasti untuk bangkit dari segala keterpurukan.

  1. Membuat Jarak Fisik Sejenak

Bila kamu merasa terganggu dalam situasi tertentu atau merasa lingkungan kamu kurang mendukung proses self healing, maka tidak masalah bila kamu membuat jarak fisik sejenak.

Kamu bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membuat kamu semakin kesal atau kecewa pada diri sendiri, setelah kamu merasa lebih baik, kamu bisa perlahan kembali mendekatkan diri.

  1. Memberikan Ruang pada Diri Sendiri

Memberikan ruang pada diri sendiri bertujuan untuk memberikan ketenangan dan pengenalan akan diri sendiri lebih dalam, dalam waktu-waktu tertentu kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu senangi seorang diri.

Dengan cara tersebut kamu dapat melupakan pikiran negatif dan merenungi sejenak sudah sejauh apa perjalanan yang kamu lewati, pikirkan hal-hal yang menyenangkan dan sadari bahwa kamu begitu berharga dan pantas untuk bahagia.