“Suntik infus vitamin C menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Ada berbagai manfaatnya untuk tubuh, mulai untuk merawat kulit, hingga meringankan kelelahan kronis.”

Salah satu manfaat vitamin C adalah mengoptimalkan kondisi kesehatan tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Nah, ada berbagai cara untuk memenuhi asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, suplemen, atau melalui infus vitamin C.

Suntik infus vitamin C bisa mengoptimalkan kesehatan, dengan meningkatkan daya tahan tubuh, serta memberikan tambahan energi. Nah, mau tahu apa saja manfaat infus vitamin C untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasan selengkapnya!

Apa Itu Infus Vitamin C?

Suntik infus vitamin C akan diberikan melalui infus intravena (IV). Dengan pemberian vitamin C melalui infus, maka jumlah vitamin C dapat mencapai kadar yang jauh lebih tinggi.

Untuk itu, pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan suntik infus vitamin C. Lakukan perawatan ini pada fasilitas kesehatan, klinik, atau rumah sakit.

Berbagai Manfaat Infus Vitamin C untuk Kesehatan?

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari infus vitamin C:

1. Mengontrol tekanan darah

Sebuah studi yang berjudul Effects of vitamin C Supplementation on Blood Pressure: a Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials, yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan peningkatan asupan vitamin C atau melakukan infus vitamin C, terkait dengan kondisi tekanan darah yang lebih stabil dan rendah.

Selain melakukan infus vitamin C, pastikan kamu selalu mengonsumsi berbagai makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C.

2. Mengobati defisiensi vitamin C

Pada umumnya, dokter akan menganjurkan infus vitamin C untuk seseorang yang kekurangan senyawa ini. Hal ini karena tubuhnya tidak dapat menyerap vitamin C dari makanan secara optimal.

Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan sederetan gejala, mulai dari gusi berdarah, radang gusi, sampai terhambatnya perkembangan tulang dan gigi dapat terjadi.

Cairan vitamin C diinfuskan ke dalam tubuh dengan dua cara, yaitu intramuskular (dengan menyuntikkan di bawah kulit melalui otot) dan subkutan (menyuntikkan lewat pembuluh darah atau intravena). Dosis untuk mengatasi kekurangan vitamin C yang disarankan adalah 300 miligram sampai 1 gram setiap hari.

3 . Merawat kulit

Infus vitamin C manfaatnya sama seperti penggunaan vitamin C yang penggunaannya langsung ke kulit. Untuk perawatan kulit, senyawa ini bisa mencegah dan mengatasi kulit keriput atau pun kulit kemerahan (eritema). Meski begitu, belum ada bukti secara medis akan hal tersebut.

Vitamin C nyatanya dapat menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kulit kusam. Melansir jurnal Nutrients yang berjudul The Roles of Vitamin C in Skin Health, penggunaan vitamin C yang tepat dalam menghambat produksi melanin.

Ketika produksi melanin terhambat, kondisi ini dapat menurunkan munculnya bintik hitam dan memudarkan hiperpigmentasi. Jadi, apakah infus vitamin C bisa bikin putih? Jawabannya vitamin ini mampu membantu mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih putih dan bercahaya.

4. Membantu pembentukan kolagen

Infus vitamin C mengandung asam askorbat yang tubuh butuhkan untuk pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan. Kolagen adalah protein pada tubuh yang dapat menguatkan struktur tubuh.

Protein alami tersebut terdapat pada kulit, otot, tendon, dan tulang. Kekurangan vitamin C dapat berisiko pada struktur kolagen, sehingga dapat menyebabkan kelainan pada tulang dan juga pembuluh darah.

Baca Juga :

Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Mengidap Pulpitis

Ini Rekomendasi dan Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

5. Menghambat sel kanker

Penyuntikan vitamin C dosis tinggi bisa menghalangi perkembangan sel kanker. Perawatan tersebut juga bisa mengurangi perkembangan tumor otak, tumor pada indung telur atau ovarium, dan tumor pankreas. Walau sampai saat ini belum teruji secara klinis hal tersebut dapat efektif pada manusia.

6. Membantu menurunkan berat badan

Tindakan ini terkadang bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memenuhi asupan vitamin C tidak dapat membakar lemak secara optimal.

Artinya, penting untuk memastikan asupan vitamin C yang cukup. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara oral atau infus vitamin C menyebabkan penurunan berat badan.

7. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh

Memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh membantu penyerapan zat besi. Ketika tubuh dapat menyerap zat besi dengan baik, maka tubuh dapat memproduksi sel darah merah dengan baik. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penyakit kekurangan darah.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis neurotransmitter dan fungsi kognitif. Memenuhi kebutuhan vitamin ini nyatanya terkait dengan peningkatan fungsi otak.

Dalam jurnal Nutrients dengan judul Vitamin C Status and Cognitive Function: A Systematic Review terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa kelompok yang memenuhi kebutuhan vitamin C memiliki kemampuan kognitif lebih baik daripada yang kekurangan vitamin C.

9. Meringankan kelelahan kronis

Melansir dari Nutrition Journal dalam penelitian yang berjudul Intravenous Vitamin C Administration Reduces Fatigue in Office Workers: a Double-Blind Randomized Controlled Trial, mengatakan melakukan suntik infus vitamin C bisa menurunkan rasa kelelahan.

Vitamin C dapat mengurangi kelelahan dalam dua jam setelah perawatan. Bahkan, efek vitamin C dalam tubuh dapat kamu rasakan selama 24 jam kedepan.

Dengan begitu, suntik infus vitamin C terbilang aman dan efektif untuk membantu mengurangi kelelahan.