Beranda Health Insomnia: Gangguan Tidur yang Berdampak pada Mental

Insomnia: Gangguan Tidur yang Berdampak pada Mental

48
0
Insomnia: Gangguan Tidur yang Berdampak pada Mental
Insomnia: Gangguan Tidur yang Berdampak pada Mental

Laporan dari American Psychiatric Association (APA) menyatakan, insomnia menjadi gangguan tidur paling umum diderita oleh banyak orang. Ini terbukti karena ada sekitar sepertiga orang dewasa mengalami gejala insomnia. Sementara, 6-10% orang dewasa memenuhi kriteria gangguan insomnia. Lantas, apa itu insomnia?

Insomnia adalah kondisi di mana penderitanya mengalami kesulitan tidur atau tidak memenuhi kebutuhan durasi tidur. Dilansir dari Cleveland Clinic, insomnia sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni insomnia jangka pendek (akut) dan insomnia jangka panjang (kronis).

Insomnia atau gangguan tidur berisiko menyebabkan penderitanya mengalami masalah kesehatan mental maupun fisik. Tidak hanya itu, insomnia juga bisa meningkatkan risiko terjadi kecelakaan, Kamu.

READ  Macam-Macam Gangguan pada Telinga

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mengetahui penyebab penyakit ini. Berikut adalah penyebab insomnia menurut Mayo Clinic:

  1. Stres Berlebih

Kondisi stres bisa dipicu karena rasa khawatir tentang sekolah, pekerjaan, kesehatan, keuangan, dan keluarga. Inilah yang menjadikan pikiranmu berat, sehingga sulit untuk tidur.

  1. Perubahan Jadwal Aktivitas

Ritme sirkadian merupakan sistem alami dalam tubuh yang mengatur siklus tidur-bangun, metabolisme, hingga suhu tubuh setiap hari. Aktivitas seperti perjalanan atau kerja menjadikan ritme sirkadian ini terganggu yang secara tidak langsung juga berisiko menyebabkan insomnia.

READ  Bayi Tabung, Ini yang Harus Anda Ketahui

Sebagai contoh, misalnya kamu mengalami jet lag ketika bepergian ke luar negeri, sering berganti shift, dan lain sebagainya.

  1. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Perlu Kamu catat bahwa ada berbagai kebiasaan tidur yang harus kamu hindari. Yakni ketidakteraturan jadwal waktu tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, melakukan berbagai aktivitas sebelum tidur.

  1. Makan Terlalu Banyak di Malam Hari
    Jika Kamu ingin nyemil sebelum tidur sebenarnya sah-sah saja. Akan tetapi, usahakan tidak makan dalam jumlah besar hingga membuat diri merasa tidak nyaman ketika berbaring. Sebab, itu akan membuatmu sulit untuk tidur, apalagi jika mengalami mual dan muntah akibat aliran balik cairan asam lambung saat berbaring.
  2. Gangguan Mental
READ  Pemasangan Central Venous Catheters, Ini yang Harus Anda Ketahui

Salah satu gangguan mental yang banyak diidap adalah gangguan stres pasca-trauma (Post-Traumatic Stress Disorder/PTSD). Gangguan mental ini muncul ketika individu merasakan situasi yang tidak menyenangkan dan berpotensi mengganggu waktu tidur. Selain PTSD, gangguan kesehatan mental lainnya juga dapat memicu terjadinya insomnia.