Liburan ke Luar Kota dengan Sepeda Motor, Perhatikan Hal-hal Ini

Momentum akhir tahun kerap dimanfaatkan sebagian masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar kota, baik perorangan maupun bersama keluarga. Untuk berlibur ke tempat jauh, ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Ada juga yang melakukan touring dengan sepeda motor Bersama teman=teman sehobi.

Namun demikian arus lalu lintas selama liburan akan cenderung lebih padat, maka penting bagi pengendara sepeda motor untuk semakin berhati-hati saat berkendara selama liburan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.

Kondisi Kesehatan dan Rem
Menurut Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk pengendara motor, agar kenyamanan dan kualitas perjalanan tetap terjaga maka perlu memerhatikan beberapa hal.

Misalnya pastikan kondisi pengendara dalam keadaan sehat. Berkendara sepeda motor membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat dikarenakan akan bersentuhan langsung dengan udara panas atau dingin. Beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan hindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.

Cek kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, terutama pengecekan lampu depan, rem, belakang, dan sein. Jika akan berpergian jarak jauh, pengendara disarankan melakukan pengecekan di bengkel resmi terpercaya.

Perlengkapan Wajib dan Memilih Rute
Pengendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam menghadapi beragam cuaca saat berkendara, seperti jaket, sarung tangan, helm bervisor bening, sepatu tertutup.

Pengendara juga disarankan membawa perlengkapan berkendara cadangan seperti jas hujan setelan dan sepatu karet.

Lalu pahami dan estimasi waktu berkendara Pengendara disarankan memahami rute yang akan dilalui dan estimasi waktu berkendara sehingga dapat mempersiapkan kebutuhan saat berkendara, mulai dari membawa minuman, cemilan, dan tempat singgah untuk istirahat.

Bawa Barang Seperlunya dan Manfaatkan Fitur
Bawalah barang sesuai dengan kapasitas sepeda motor. Pengendara disarankan membawa barang seperlunya yang menjadi prioritas menyesuaikan kapasitas sepeda motor, terutama saat berkendara bersama keluarga atau kerabat tentunya akan banyak barang yang dibawa.

Pengendara dapat menggunakan sepeda motor dengan bagasi luas serta memanfaatkan double hook atau gantungan barang ganda yang ada pada sepeda motor.

Memanfaatkan fitur pada sepeda motor untuk kebutuhan darurat. Jika berpergian ke tempat wisata baru, seringkali pengendara membutuhkan arahan rute yang perlu dilalui. Misalnya, pengendara dapat melakukan pengecekan rute pada smartphone secara berkala tanpa perlu khawatir kehabisan baterai dengan memanfaatkan fitur electric power socket.

Beristirahat
Perjalanan keluar kota tentunya bervariasi, bikers akan menemukan perjalanan yang berliku hingga naik turun. Untuk itulah perlu diperhatikan beberapa hal agar perjalanan menjadi aman dan nyaman karena hal paling diutamakan ketika berkendara jauh adalah keselamatan.

Ketika badan merasa lelah saat mengendarai sepeda motor, disarankan untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri sebagai upaya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik yang lelah atau mengantuk

Jika perjalanan jauh, disarankan 2 jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus dan menghindari potensi bahaya ketika merasa lelah.

Terakhir, salah satu hal penting dalam persiapan berkendara adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal tersebut merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.