kesehatan adalah

Selama ini, kita selalu dianjurkan untuk menjalani budaya hidup sehat seperti olahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

Hal tersebut bertujuan agar Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini, terdapat macam-macam kesehatan yang perlu Anda jaga dan perhatikan.

Ya, jenis kesehatan bukan cuma secara fisik semata, namun ada pula aspek-aspek lainnya yang tak terlepas dari kesehatan tubuh manusia.

Lantas, apa saja macam-macam kesehatan tersebut? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Pengertian Sehat

Sebelum membahas lebih jauh mengenai parlay macam-macam kesehatan, sudah tahukah Anda apa arti dari sehat itu sendiri?

Secara mendasar, sehat atau kesehatan adalah istilah yang mengacu pada kondisi tubuh manusia.

Jika setiap organ ataupun bagian-bagian dalam tubuh seseorang dapat menjalankan kinerja sesuai fungsi, maka kondisi tubuhnya tergolong sehat.

Dalam kata lain, sehat adalah keadaan di mana tubuh Anda bebas dari berbagai gangguan atau penyakit, baik itu fisik maupun psikis.

Bila mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia, kesehatan berarti suatu keadaan sejahtera dari jiwa, badan, serta sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Lalu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sehat diartikan sebagai keadaan baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit atau waras), baik dan normal (tentang pikiran), serta berjalan dengan baik atau sebagaimana mestinya (tentang keadaan keuangan, ekonomi, dan sebagainya).

Sementara, berdasarkan World Health Organization (WHO), sehat adalah suatu kondisi fisik, mental, serta kesejahteraan sosial yang menjadi satu kesatuan dan bukan hanya sekadar terbebas dari penyakit atau kecacatan [1].

Lebih jauh lagi, Schindel mendefinisikan sehat sebagai suatu keadaan yang dicirikan oleh integritas anatomis, fisiologis, dan psikologis; kemampuan untuk melakukan peran keluarga, pekerjaan, dan masyarakat yang dihargai secara pribadi; kemampuan untuk mengatasi stres fisik, biologis, psikologis, dan sosial.

Jadi pada dasarnya, kesehatan merupakan suatu hal yang tidak berdiri sendiri, melainkan komponen didalamnya saling mempengaruhi satu sama lain.

Macam-Macam Kesehatan

Lalu, apa saja macam-macam kesehatan? Well, seperti penjelasan di atas, sehat tidak hanya sebatas dari segi fisik, namun juga jiwa dan sosial.

Adapun menurut Heru Nurcahyo dalam bukunya yang berjudul “Ilmu Kesehatan: Untuk Sekolah Menengah Kejuruan”, kesehatan tubuh manusia berkaitan dengan sejumlah aspek-aspek berikut [1].

1. Kesehatan Fisik

Berdasarkan pandangan komponen biomedis, salah satu jenis kesehatan adalah kesehatan fisik.

Ini merupakan keadaan di mana setiap organ atau bagian tubuh Anda dapat bekerja dengan baik dan normal sebagaimana fungsinya.

Dalam kategori ini, Anda akan dikatakan sehat jika memang tidak memiliki keluhan atau merasakan sakit dan secara objektif terlihat baik-baik saja.

2. Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan salah satu dari macam-macam kesehatan dan biasanya juga dikenal dengan sebutan kesehatan rohani atau jiwa.

Secara umum, kesehatan mental memiliki keterkaitan dengan tiga aspek dalam jiwa seseorang, yaitu emosional, pikiran, dan spiritual.

Emosional yang sehat terlihat dari kemampuan Anda dalam mengekspresikan emosi atau perasaan, seperti bahagia, sedih, takut, cemas, dan semacamnya. Di sisi lain, pikiran yang sehat bisa dilihat dari jalan pikiran atau bagaimana Anda berpikir.

Sementara, sehat secara spiritual tampak dari bagaimana Anda mengekspresikan rasa syukur, kepercayaan, pujian, maupun hal lainnya terhadap Tuhan yang Maha Kuasa. Misalkan, menjalankan kepercayaan atau ibadah sesuai ajaran agama yang dianut.

Dalam kata lain, seseorang dengan mental yang sehat akan memiliki kemampuan untuk menangani stres, memperoleh keterampilan, dan memelihara hubungan.

Sehingga ketika individu tersebut menerima stresor, ia akan mampu mengarahkan dirinya kepada keadaan homeostasis.

3. Kesehatan Sosial

Jarang diketahui, kesehatan sosial termasuk satu dari macam-macam kesehatan, lho. Ini merupakan keadaan di mana Anda mampu membangun interaksi dengan orang atau kelompok lain secara baik.

Dalam kata lain, Anda bisa menjalin relasi tanpa membedakan kepercayaan, ras, suku, ekonomi, status sosial, dan semacamnya, sehingga menciptakan rasa persatuan, saling menghargai, dan toleransi.

Jenis kesehatan ini tercermin dari bagaimana cara Anda berinteraksi dan juga mengambil sikap saat menghadapi orang lain.

4. Kesehatan Ekonomi

Jenis kesehatan yang terakhir adalah kesehatan ekonomi. Dalam hal ini, kesehatan dari aspek ekonomi dikatakan baik jika Anda memiliki kegiatan yang menghasilkan sesuatu untuk menyokong kebutuhan hidup secara finansial (produktif).

Pentingnya Kesehatan dalam Kehidupan

Seperti Anda ketahui, kesehatan adalah kebutuhan dasar setiap manusia agar dapat menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya.

Sebab, macam-macam kesehatan seperti disebutkan sebelumnya termasuk sebagai faktor yang memengaruhi kualitas sumber daya manusia.

Selain itu, kesehatan juga menjadi aspek penting dalam menciptakan perkembangan jasmani, rohani, dan sosial yang baik.

Dengan demikian, setiap manusia dapat beraktivitas seoptimal mungkin hingga akhirnya berdampak pada tingkat produktivitas.

Inilah mengapa Anda selalu disarankan untuk menerapkan budaya hidup sehat. Tujuannya tidak lain ialah untuk menciptakan tubuh yang sehat secara fisik maupun psikis.

Misalnya dengan olahraga teratur, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, istirahat cukup, menghindari stres, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Di sisi lain, Anda juga sangat dianjurkan minum air putih yang cukup sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan, yakni sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

Pasalnya, 70% dari tubuh setiap manusia terdiri dari air, sehingga tanpa cukup minum Anda akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan organ tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Dampaknya, Anda pun berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu, Anda bisa mulai menjaga tubuh yang sehat dengan mengonsumsi air minum terbaik seperti Air Putih.

Air Putih merupakan pelopor air mineral berkualitas di Indonesia yang berkomitmen memberikan sejumlah perlindungan untuk keberlangsungan sumber air serta keasliannya.

Dengan berbagai kebaikan mineral alami di dalamnya, setiap tetes kesegaran Air Putih akan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan secara sempurna dan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga : https://analisaindonesia.com/pentingnya-menjaga-kebersihan-alat-reproduksi/