Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan pada bagian tubuh tertentu. Bahkan, bagi para penderita asam urat, mereka dapat mengalami kesulitan bergerak dan berjalan.

Penyakit asam urat disebabkan oleh mengendapnya asam urat di bagian persedian. Jika kamu memiliki asam urat—baik sedang maupun akut, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan dapat memicu atau bahkan meningkatkan kadar asam urat di tubuhmu.

Secara umum, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Simak lebih lanjut untuk mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, agar kondisi tubuh tidak menjadi semakin parah dan kamu bisa hidup lebih sehat.

Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari

Bukan tanpa alasan, makanan-makanan di bawah ini patut kamu hindari jika kamu punya asam urat. Simak selengkapnya dan ingat baik-baik, Kamu!

  1. Permen

Penderita asam urat juga memiliki pantangan pada makanan atau camilan manis yang mengandung gula tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kadar gula dan kalori tinggi adalah berbagai jenis permen.

Meskipun mengunyah permen mampu memberikan kebahagiaan sesaat, namun junk food yang satu ini ada kandungan sirup fruktosa yang harus penderita asam urat hindari. Karena, zat fruktosa mampu menstimulasi pembentukan asam urat.

  1. Es Krim

Selain permen, konsumsi manis lainnya seperti es krim harus penderita asam urat jauhi. Es krim pada dasarnya memiliki bahan susu yang bagus untuk kesehatan, akan tetapi kandungan susu tersebut memiliki lemak yang cukup tinggi. Apalagi, ada tambahan pemanis yang mengandung gula.

  1. Kerupuk dan Keripik

Suka ngemil kerupuk atau keripik, Kamu? Bagi kamu yang menderita asam urat, ini adalah pantangan. Mengkonsumsi kerupuk secara berlebihan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam plasma dan urine.

Meskipun ukurannya kecil dan ramping, baik kerupuk dan keripik olahan mengandung tinggi kalori, gula, dan lemak. Hindarilah makan dengan tambahan kerupuk agar mengurangi efek dari asam urat yang bikin nyeri.