Beranda Health Manfaat Permen Karet yang Jarang Diketahui!

Manfaat Permen Karet yang Jarang Diketahui!

52
0
Manfaat Permen Karet yang Jarang Diketahui!
Manfaat Permen Karet yang Jarang Diketahui!

Manfaat Permen Karet – Permen karet merupakan permen kunyah yang biasa dimainkan untuk membuat gelembung. Sejarah mengungkap bahwa ternyata permen jenis ini kurang lebih telah ada sejak 9000 tahun lalu lho, Kamu. Orang-orang di berbagai belahan dunia membuat permen karet dengan menggunakan bahan berbeda, mulai dari madu, damar, hingga saat ini yang paling umum dibuat dengan chicle (getah pohon sawo Manila).

Mengunyah permen karet dikenal sebagai kebiasaan jorok yang bahkan dilarang di dalam kelas dalam beberapa sekolah. Namun, tahukah kamu permen karet ternyata memiliki banyak manfaat? Nah, kali ini Tokopedia mau memberitahu kamu tentang 12 manfaat permen karet yang mungkin tidak kamu duga.

  1. Menambah Konsentrasi
READ  Menilik Nutrisi dan Manfaat Jeruk Kasturi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet meningkatkan kinerja mental, Kamu! Fungsi kognitif, seperti konsentrasi, ingatan, dan waktu reaksi, terlihat membaik ketika subjek uji mengunyah permen karet. Diperkirakan bahwa dorongan ini berasal dari peningkatan aliran darah ke otak melalui mengunyah, dengan beberapa penelitian menunjukkan sebanyak 25-40 persen peningkatan.

  1. Mengurangi Stres

Berikutnya, manfaat permen karet dipercaya dapat mengurangi stres, Kamu. Rupanya mengunyah permen karet bisa menjadi pengganti besar untuk kebiasaan gugup, seperti menggigit kuku dan kaki gemetar ketika merasa stres. Ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet membantu mengurangi hormon stres, yaitu kortisol dalam banyak subjek uji.

  1. Melindungi Gigi
READ  Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai Wanita

Siapa sangka ternyata manfaat permen karet adalah untuk melindungi gigi! American Dental Association merekomendasikan mengunyah permen karet sugar free selama 20 menit setelah makan, karena terbukti mengurangi plak, mempromosikan enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan mengurangi radang gusi. Alasannya berkaitan dengan peningkatan aliran air liur, yang mengurangi asam pada gigi kamu yang menyebabkan pembusukan.