Ladies, Mau Tahu Cara Mempercepat Datang Bulan? Ini 11 Tipsnya

“Cara agar cepat menstruasi dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah sederhana. Misalnya, berolahraga secara teratur, orgasme, dan mengonsumsi makanan tertentu, seperti pepaya dan wortel.”

Umumnya banyak wanita sudah tahu kalau siklus menstruasi berkisar 21 hingga 35 hari. Namun, rasanya hanya sebagian wanita yang tahu cara mempercepat datang bulan atau haid.

Pertanyaannya, buat apa menggunakan cara agar cepat menstruasi?

Alasannya beragam, misalnya melakukan ibadah keagamaan, berlibur ke tempat yang diidam-idamkan, atau hal lainnya yang mengharuskan wanita tampil maksimal tanpa harus “terganggu” oleh keluhan datang bulan.

Lantas, bagaimana cara agar cepat menstruasi?

1. Konsumsi Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa membantu untuk mempercepat datangnya haid. Contohnya pil KB atau suntik KB. Selain mampu meringankan kram dan nyeri saat haid, obat KB dapat memperpendek durasi menstruasi tiap bulannya.

Hal yang mesti digarisbawahi, penggunaan obat-obatan (kontrasepsi hormonal) ini harus berdasarkan resep dokter. Dokter akan menentukan jenis kontrasepsi hormonal yang cocok untukmu.

Singkat kata, obat tidak boleh seenaknya digunakan sebagai cara agar cepat haid. Di samping itu, cara agar cepat menstruasi dengan KB hormonal membutuhkan beberapa bulan agar efektif.

Selain KB, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dapat digunakan untuk mempercepat menstruasi. OAINS bisa mengurangi prostaglandin berlebih yang bisa meningkatkan kontraksi otot rahim.

2. Nanas

Cara agar cepat menstruasi juga bisa dengan mengonsumsi nanas. Buah ini kaya bromelain, enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Studi Properties and therapeutic application of bromelain: A review yang dipublikasikan Hindawi mengatakan, bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi peradangan. Dengan kata lain bromelain dalam nanas bisa membantu mengatasi menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan.

Meski begitu, hingga kini masih belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain sebagai cara agar cepat haid. Saat haid datang, nyerinya kerap mengganggu.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C juga mampu menginduksi menstruasi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi perdarahan dan mempercepat haid. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang bisa diandalkan untuk mendukung klaim ini.

Meski begitu, vitamin C diduga mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Kandungan itu bisa membuat peluruhan lapisan rahim lebih cepat.

Hasilnya, bisa mempersingkat masa menstruasi atau mempercepat datangnya haid. Untuk mencoba metode ini simpel kok. Konsumsilah makanan atau buah-buahan yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C.

Hal yang mesti diperhatikan, jangan sampai asupan vitamin C berlebih dalam tubuh. Kondisi ini memicu berbagai keluhan, seperti sakit perut hingga diare.

Baca Juga : 

Pentingnya Kesehatan Lingkungan Dan Manfaatnya

Arti 12 Istilah Medis yang Sering Kamu Dengar

4. Jahe

Jahe memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Obat tradisional ini bisa menginduksi menstruasi karena bisa menyebabkan kontraksi uterus.

Namun, sama seperti lemon dan nanas, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Memanfaatkan jahe sebagai cara cepat menstruasi adalah dengan membuat teh jahe.

5. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan sebagai cara cepat menstruasi, seperti pepaya, wortel, dan labu. Ketiganya jenis asupan itu mengandung karoten yang bisa merangsang terjadinya menstruasi.

Selain itu, ada juga seledri yang bisa merangsang aliran darah di dalam rahim. Seledri mengandung apiol, zat alami yang memicu rahim untuk berkontraksi, sehingga menyebabkan menstruasi

6. Relaksasi

Bukan rahasia lagi kalau stres bisa menyebabkan periode menstruasi jadi tertunda. Kok bisa? Ketika seseorang stres tubuh akan menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin.

Nah, kedua hormon tersebut mampu menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron. Padahal, estrogen dan progesteron penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur.

7. Berolahraga secara teratur

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah berolahraga secara teratur. Aktivitas ini dapat mempengaruhi hormon dan kesehatan secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Menstruasi bisa datang lebih cepat atau terlambat. Siklus masing-masing wanita biasanya berbeda.

8. Orgasme

Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme, dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

9. Rempah

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah mengonsumsi emmenagogue. Ini adalah tanaman herbal yang dapat melancarkan haid. Kamu juga bisa menggunakan kamomil, peterseli, kayu manis, rosemary, sage, dan oregano untuk sebagai cara cepat agar menstruasi.

10. Minum cuka sari apel setiap hari

Penelitian Intake of vinegar beverage is associated with restoration of ovulatory function in women with polycystic ovary syndrome yang dipublikasikan The Tohoku Journal of Experimental Medicine menunjukkan, bahwa minum 15 ml cuka sari apel setiap hari dapat memulihkan menstruasi ovulasi pada wanita dengan PCOS.

Sari apel memiliki rasa pahit, yang mungkin sulit dikonsumsi oleh sebagian orang. Jika ingin mencoba meminumnya, kamu bisa mengencerkannya dengan air dan menambahkan 1 sdm madu.

11. Mengonsumsi folat

Folat dapat merangsang ovulasi teratur dan meningkatkan kadar progesteron pada siklus menstruasi. Rekomendasi asupannya sebanyak 400 mikrogram (mcg) setiap hari, tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing.

Cara Agar Haid Teratur Tiap Bulannya

Bagaimana agar menstruasi cepat keluar? Apa yang harus dimakan agar cepat haid? Nah, berikut beberapa upaya yang bisa kamu lakukan:

1. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi dan keseimbangan hormon. Pastikan mendapatkan cukup nutrisi, termasuk zat besi, kalsium, vitamin D, dan asam folat.

2. Kelola stres dengan baik

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah mengelola stres dengan baik. Gangguan ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan mempengaruhi siklus menstruasi. Carilah cara untuk mengelola stres, seperti dengan meditasi atau yoga.

3. Jaga berat badan ideal

Berat badan yang sehat dan stabil penting untuk menjaga siklus menstruasi tetap teratur. Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh.

4. Batasi rokok dan alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan kesehatan reproduksi. Hindari atau kurangi konsumsi kedua hal ini untuk menjaga kesehatan menstruasi.

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi bisa disertai dengan nyeri haid yang cukup mengganggu aktivitas harian yang dilakukan. Jika masalah ini tak kunjung membaik, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk menemukan langkah perawatan yang tepat.