Mengenal Fungsi Katup Jantung Lebih Jauh

Fungsi katup jantung sangat penting bagi pengaliran darah ke seluruh tubuh. Tanpa katup, aliran darah di jantung tidak bisa berjalan dengan baik dan kerja jantung akan menjadi sangat berat. Di dalam jantung, terdapat beberapa katup jantung dengan fungsinya masing-masing.

Jantung merupakan organ yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini terdiri dari empat ruang yang dilapisi oleh otot. Dua ruang di bagian atas disebut serambi jantung dan dua ruang di bagian bawah disebut bilik jantung.

Pada masing-masing ruang jantung, terdapat katup yang bertindak sebagai “pintu” agar aliran darah mengalir ke arah yang benar.

Mengenal Fungsi Katup Jantung

Saat jantung memompa darah, katup jantung membuka dan menutup pada urutan yang tepat untuk memastikan darah mengalir ke arah yang benar dari satu ruang jantung ke ruang jantung lainnya. Saat membuka dan menutup, katup jantung menghasilkan suara yang disebut sebagai suara detak jantung.

Jantung memiliki empat katup, yaitu katup aorta, katup mitral, katup pulmonal, dan katup trikuspid. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi masing-masing katup jantung:

  1. Katup trikuspid

Katup trikuspid terletak di antara serambi kanan dan bilik kanan. Saat terbuka, katup trikuspid membiarkan darah mengalir dari serambi kanan ke bilik kanan. Selain itu, katup jantung ini juga berfungsi untuk mencegah aliran balik darah dari bilik kanan ke serambi kanan.

  1. Katup pulmonal

Katup pulmonal ada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis. Fungsi katup jantung ini saat terbuka adalah membiarkan darah dipompa dari bilik kanan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Saat di paru-paru, darah akan melepas karbon dioksida dan menerima oksigen.

Katup pulmonal juga bertugas mencegah aliran balik darah dari arteri pulmonalis ke bilik kanan.

  1. Katup mitral

Katup mitral terletak di antara serambi kiri dan bilik kiri. Fungsi katup jantung yang satu ini adalah membuka pintu agar darah mengalir dari paru-paru ke serambi kiri. Katup mitral juga mencegah aliran mundur dari bilik kiri ke serambi kiri.

  1. Katup aorta

Katup aorta terletak di antara bilik kiri dan aorta. Katup ini terbuka agar darah mengalir meninggalkan jantung dari bilik kiri melalui aorta.

Aorta adalah pembuluh darah terbesar di tubuh yang bertugas membawa darah beroksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Katup aorta juga berfungsi untuk mencegah aliran darah mundur dari aorta ke bilik kiri.