Nissan Perkenalkan Generasi Terbaru MPV Serena

Nissan baru saja memperkenalkan pembaruan dari Serena untuk pasar Jepang. Model MPV berukuran besar tersebut hadir dengan pilihan mesin bensin dan juga teknologi e-Power yang masing-masing akan menyapa konsumen mulai akhir tahun ini dan pertengahan tahun depan.

“Kami sudah merencanakan dan melakukan pengembangan Serena terbaru agar seluruh anggota keluarga dapat menikmati waktu mereka bersama dalam perjalanan,” ucap Asako Hoshino, Nissan Executive Vice President dalam keterangannya.

Mobil keluarga ini lekat dengan nama Serena yang sudah diperkenalkan sejak 1991 silam. Konsep dalam generasi terbaru ini adalah “Big, Easy, Fun”, produk ini masih menawarkan interior lapang, kenyamanan berkendara dan tambahan teknologi terkini.

Soal desain, Serena terbaru ini masih menghadirkan gaya van mengotak berukuran besar. Nissan menyebut desain Serena terbaru ini lebih dinamis dan juga terlihat powerful. Beberapa identitas Serena yang dipertahankan adalah ukuran kaca depan yang terbesar di kelasnya, serta pilihan 14 warna bodi kendaraan yang bisa dipilih konsumen.

Masuk ke bagian interior. Nissan memberikan bahan jok fabric anti air, multi purpose center seat di baris kedua untuk delapan penumpang dan tempat penyimpanan di seluruh kabin, termasuk untuk telepon genggam dimana USB port, hadir di semua baris. Masih ada onboard Wi-Fi, pre-cooling air conditioning system, touch panel untuk pengaturan AC, serta tambahan 120 mm untuk legroom pengemudi dibandingkan dengan generasi terdahulu.

Beberapa teknologi yang hadir antara lain generasi kedua e-Power yang kini hadir dengan mesin baru 1.4 liter. Generasi terbaru ini memberikan tenaga juga akselerasi yang lebih cepat dengan minim suara mesin. Serena terbaru juga hadir dengan manajemen energi yang canggih untuk mengatur mesin mati dan hidup sesuai dengan kecepatan, kondisi lalu lintas, dan navigasi. Ini tentu berdampak pada kabin yang lebih senyap akibat mesin tidak bekerja.

Fitur ProPilot 2.0 juga disematkan sebagai bagian dari advanced driver assistance system (ADAS) yang lebih canggih. Teknologi keselamatan canggih ini kini hadir di semua varian Serena terbaru. Keberadaan fitur ProPilot ini membantu pengemudi mengurangi kelelahan selama berkendara jauh. Salah satunya adalah steering assist with forward collision avoidance. Fitur ini membantu menghindari tabrak depan karena mobil mengenali hambatan.

Pada varian teratas yang disebut Nissan Serena Luxion, dilengkapi dengan fitur ProPilot Park dengan memori. Fitur ini memiliki kemampuan merekam dan mengenali area parkir kendaraan termasuk garis serta tanda gambar area parkir. Nissan juga memberikan fitur ProPilot Remote Park untuk akses parkir dari jarak jauh.

Soal harga, versi non e-Power ditawarkan mulai 2,7 juta Yen Jepang atau sekitar Rp308 jutaan hingga 3,2 juta Yen atau sekitar Rp373 juta. Model e-Power paling murah ditawarkan 3,1 juta Yen atau sekitar Rp354 jutaan hingga 4,7 juta Yen atau sekitar Rp547 jutaan.