Obat Biduran: Umum Digunakan dan Tersedia di Apotik

Biduran atau kaligata merupakan kondisi gangguan pada kulit berupa ruam dan rasa gatal yang menimbulkan warna kemerahan dan bentol-bentol pada kulit. Penyebabnya karena terjadinya reaksi alergi, seperti alergi makanan, alergi dingin, hingga alergi obat.

Selain itu, yang sering menjadi pemicu timbulnya biduran adalah infeksi, stres, faktor suhu, sinar matahari, air, dan olahraga. Ada dua jenis biduran berdasarkan durasi kemunculan hingga penyembuhannya, yakni urtikaria akut dan urtikaria kronis.

Kasus yang sering terjadi di kalangan masyarakat adalah urtikaria akut. Untuk proses penyembuhannya bisa menggunakan obat biduran alami atau membeli obat bebas atau sesuai resep dokter.

Biduran sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penanganan lebih cepat agar gejalanya tidak memburuk. Berikut obat biduran atau kaligata yang umum digunakan dan tersedia di apotik:

  1. Caladine Lotion

Obat biduran yang ampuh dan bisa dibeli secara bebas di apotik adalah Caladine Lotion. Obat ini berbentuk lotion yang berfungsi untuk meredakan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit akibat alergi.

Caladine Lotion mengandung calamine 5%, zinc oxide 10%, dan diphenhydramine HCl 2%. Kamu bisa menggunakannya pada bagian kulit yang bermasalah dengan dosis sesuai kebutuhan.

Obat biduran ini bisa kamu beli secara bebas tanpa resep dokter di apotik atau minimarket terdekat. Ia juga tersedia dalam dua pilihan ukuran, yakni 60 ml dan 95 ml.

  1. Nellco Bedak Salicyl Non Menthol

Nellco Bedak Salicyl Non Menthol adalah obat biduran di apotik yang berbentuk bedak untuk meringankan gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh biang keringat dan sengatan sinar matahari.

Di setiap gram bedak mengandung talkum, parfum, dan asam salisilat. Penggunaannya cukup dengan menaburkan obat ini pada kulit secara merata dan gosok dengan lembut.

Dosis bisa disesuaikan dengan petunjuk dosis penggunaan, brosur, dokter atau apotik.

  1. Nellco Bedak Salicyl Menthol

Datang dari merk obat yang sama yakni Nellco Bedak Salicyl Menthol.

Perbedaan yang paling kentara di antara keduanya adalah ada dan tidaknya kandungan menthol di dalamnya.

Obat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh biang keringat.

Penggunaannya juga sama, taburkan bedak tersebut pada kulit secara merata dan gosok dengan lembut.

Gunakan sesuai dengan petunjuk dosis atau anjuran dokter. Karena termasuk golongan obat bebas, maka obat ini bisa kamu beli di apotik tanpa resep dari dokter.