Obat Kutu Air di Apotik: Ampuh dan Ramah Kantong

Kutu air atau yang juga dikenal dengan nama kurap kaki adalah infeksi jamur yang terjadi pada kulit. Infeksi jamur ini umumnya terjadi di sela-sela jari kaki atau tangan, kemudian menyebar ke beberapa bagian lainnya.

Lalu apa penyebab terjadinya kutu air? Masalah kesehatan kulit ini yang umum terjadi pada kaki ini biasanya terjadi akibat kondisi lembap, karena basah atau berkeringat dan menggunakan sepatu yang ketat.

Sedangkan untuk di area tangan, biasanya terjadi karena melakukan kontak kulit dengan penderita kutu air dan sering memegang hewan peliharaan atau hewan ternak. Serta penggunaan linen dengan orang lain saat sedang berkeringat.

Untuk mengatasi kutu air, kamu dapat mengoleskan area kulit yang bermasalah dengan menggunakan krim anti jamur yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur penyebab kutu air. Ada berbagai jenis yang bisa diandalkan, simak daftar berikut ini:

  1. Fungiderm

Fungiderm merupakan obat kutu air dengan kandungan zat aktif clotrimazole yang berguna untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit dan kuku.

Obat ini berbentuk krim berwarna putih yang mudah dioleskan dan hadir dalam dua kemasan, yaitu kemasan tube 5 g dan 10 g.

Selain dapat digunakan untuk mengobati kutu air, Fungiderm juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur pada lipatan paha, kuku, janggut, kulit kepala, panu, kadas, dan kandidiasis pada kulit serta kuku.

  1. Kalpanax K

Merk obat kutu air berikutnya adalah Kalpanax K. Obat ini berbentuk krim yang dapat membantu mengatasi gatal akibat jamur dan mengobati jamur pada kulit.

Kandungan miconazole nitrate 2% dalam krim Kalpanax K dapat bekerja dengan sangat cepat mengatasi jamur tanpa membuat kulit terkelupas, sehingga aman digunakan di daerah yang sensitif.

Selain itu, krim Kalpanax K memiliki aroma jasmine yang harum, sensasi dingin, dan tidak lengket di kulit.

  1. Canesten

Canesten merupakan obat kutu air di kaki yang mengandung klotrimazol 1%.

Selain dapat digunakan untuk mengatasi kutu air, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi panu, kadas/kurap, dan ruam akibat popok.

Kamu dapat mengoleskan krim Canesten pada area kulit yang berjamur 2 – 3 kali sehari selama 2 minggu untuk hasil yang efektif.

Namun, jika setelah 4 minggu tidak menunjukkan perkembangan positif, sebaiknya kamu segera mengkonsultasikannya dengan dokter terkait untuk mendapatkan perawatan yang tepat.