Obat Migrain Alami: Herbal Tradisional yang Ampuh!

Migrain adalah salah satu jenis kepala yang biasanya disertai dengan rasa seperti berdenyut, di mana berisiko menghambat aktivitas. Ini dapat diikuti berbagai gejala lain seperti mual, muntah, hingga sensitif terhadap suara maupun cahaya.

Pada kondisi ringan, masalah kesehatan ini biasanya berlangsung selama 4 jam. Sementara pada kondisi yang cukup parah bisa terjadi selama satu minggu dengan frekuensi 2-4 kali.

Cara mengatasinya bisa dengan mengonsumsi obat yang tersedia di apotik atau obat herbal tradisional untuk migrain untuk mencegah dan mengurangi rasa nyeri yang dialami.

Obat Migrain Alami Paling Ampuh

Untuk mengatasinya secara alami, lakukan pengobatan tradisional guna mengurangi gejala migrain dengan memanfaatkan bahan herbal yang mudah ditemukan di rumah:

  1. Jahe

Jahe merupakan obat herbal yang sering diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk migrain karena mudah ditemukan di sekitar rumah.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa jahe dapat mengurangi tingkat keparahan dan durasi migrain. Jahe akan bekerja sebagai anti-inflamasi dan dapat mengurangi gejala mual yang ditimbulkan.

Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan air hangat. Tambahkan secukupnya madu agar lebih nikmat. Sensasi hangat yang diberikan bisa membantu melegakan.

  1. Peppermint Oil

Peppermint oil dapat dijadikan sebagai obat tradisional migrain. Adanya kandungan mentol di dalamnya dapat membantu meredakan gejala migrain yang kambuh.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa dengan mengoleskan peppermint oil ke area dahi dan pelipis cenderung lebih efektif mengurangi rasa nyeri dan mual daripada plasebo.

  1. Lavender Oil

Obat migrain alami selanjutnya adalah minyak lavender.

Menurut sebuah penelitian, orang yang menghirup aroma minyak lavender selama kurang lebih 15 menit cenderung lebih cepat sembuh dibandingkan orang yang menggunakan plasebo atau obat kosong.

Selain itu, minyak lavender juga terkenal dengan efek menenangkannya sehingga dapat menyeimbangkan kadar hormon serotonin dalam tubuh.

Untuk meredakan migrain, kamu bisa menggunakan minyak lavender dengan cara dihirup langsung atau mengoleskannya pada pelipis. Pastikan kamu juga tidak memiliki riwayat alergi terhadap minyak esensial.