Obat Panas Dalam Alami: Herbal Tradisional Mujarab

Para tabib percaya bahwa suhu tubuh manusia selalu seimbang seperti Yin dan Yang. Maka, apabila suhu dalam tubuh tidak seimbang, maka dibutuhkan minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh agar kembali seimbang.

Gejala panas dalam biasanya ditandai dengan kondisi sakit tenggorokan dan susah menelan, sariawan, bibir kering, dan susah buang air besar. Penyebabnya bisa karena jenis makanan yang dikonsumsi mengandung tinggi kalori dan mengalami suhu panas memasak yang tinggi.

Panas dalam sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan cukup mengganggu aktivitas sehari-sehari. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan obat alami panas dalam dengan bahan-bahan herbal.

Yang bisa dilakukan untuk mengobati panas dalam adalah mengenali penyebab munculnya gejala yang dialami. Setelah itu, ketahui pengobatan yang paling tepat untuk mengatasinya, salah satunya dengan bahan alami berikut ini:

  1. Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa panas dalam ditandai dengan kondisi sakit tenggorokan, sariawan dan bibir kering. Biasanya kondisi ini diakibatkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Untuk mengatasinya adalah pastikan kamu minum banyak air mineral paling tidak 8 gelas dalam sehari. Menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh bisa menjadi salah satu obat panas dalam alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

  1. Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan yang bisa dilakukan di rumah. Obat alami panas dalam ini dikenal untuk membantu membunuh bakteri di dalam tenggorokan.

  1. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan. Didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2014 yang menunjukkan bahwa madu efektif mengurangi nyeri sariawan, batuk, dan sakit tenggorokan.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa mencampurkan madu dengan teh atau air hangat. Lalu, diminum dalam kondisi hangat. Atau bisa juga langsung mengoleskan madu pada bagian sariawan empat kali sehari secara rutin.