Obat Sakit Gigi Alami: Ramuan Tradisional, Bahan Herbal

Sakit gigi dapat terjadi pada siapa saja. Seringnya ada beberapa masalah yang muncul dalam rongga mulut dan gigi hingga menimbulkan rasa nyeri dan ngilu yang luar biasa.

Selain harus mendapatkan tindakan oleh dokter gigi, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan nyeri dan ngilu pada gigi kamu, seperti menggunakan obat sakit gigi alami.

Kebanyakan, obat dari bahan alami yang diketahui dapat menyembuhkan sakit gigi berasal dari ramuan tradisional dan bahan-bahan herbal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh

Obat tradisional sakit gigi ini dapat ditemukan di mana saja dengan mudah. Tidak perlu mencarinya jauh-jauh, berikut bahan alami dan herbal yang bisa diandalkan:

  1. Air Garam

Air garam sudah jadi resep turun temurun untuk meredakan nyeri gigi secara tradisional. Air garam dapat digunakan untuk berkumur pada daerah yang terasa sakit.

Obat alami satu ini dipercaya cukup efektif meredakan nyeri gigi, kamu cukupi mencampurkan setengah sendok garam dalam air minum, lalu berkumur selama 30 detik dan buang.

  1. Kompres dengan Es

Nyeri akibat sakit gigi sungguh tidak tertahankan, bahkan terkadang pipi kamu bisa menjadi bengkak. Jangan khawatir bila hal tersebut terjadi, kamu bisa coba mengompresnya dengan es.

Lapisi es batu menggunakan kain maupun handuk atau kamu juga bisa membeku ice pack. Tempelkan pada bagian pipi yang terasa nyeri dan diamkan sementara.

Agar lebih efektif, kamu bisa mengulanginya hingga beberapa kali setiap jam.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dapat meredakan nyeri dan ngilu pada gigi, karena mengandung antibakteri yang dapat melawan peradangan di mulut. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengunyah bawang putih tersebut.

Pilih bawang putih yang masih segar dan mengupasnya lebih dulu. Setelahnya cuci dan potong bawa putih dan kunyah didekat bagian gigi yang sakit.