Beranda Health Pengertian, Penyebab, dan Ciri Penyakit Kulit Eksim

Pengertian, Penyebab, dan Ciri Penyakit Kulit Eksim

133
0
Pengertian, Penyebab, dan Ciri Penyakit Kulit Eksim
Pengertian, Penyebab, dan Ciri Penyakit Kulit Eksim

Kulit manusia merupakan organ terbesar yang dimiliki tubuh manusia. Sebagai bagian terluar dari tubuh manusia, kulit memiliki peran penting sebagai sistem pertahanan tubuh manusia yang melindungi dari kuman dan zat-zat asing lainnya. Karena kulit menjadi organ terluar manusia, luka atau penyakit pada kulit cenderung dapat dikenali.

Salah satu penyakit kulit yang umum terjadi adalah eksim. Penyakit eksim kulit merupakan penyakit yang umum dan dapat menjangkiti berbagai kalangan, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Eksim juga sering disebut dengan nama dermatitis.

Eksim atau eczema adalah penyakit yang mudah dikenali, dengan gejala utamanya adalah kulit kering bersisik dengan ruam yang sangat gatal. Yuk kenali lebih dalam seputar penyakit eksim, mulai dari pengertian, penyebab, hingga ciri-ciri eksim!

Pengertian Eksim

Eksim merupakan istilah kondisi pembengkakan yang terjadi pada kulit. Eksim identik dengan kondisi kulit kering bersisik dengan ruam dan terasa sangat gatal.

READ  Penyebab Nyeri Leher dan Pundak serta Cara Meredakannya

Penyakit ini dapat muncul sejak usia dini dan bertahan hingga usia dewasa, tetapi penyakit eksim juga dapat pertama kali muncul pada orang dewasa.

Eksim sendiri terbagi menjadi 7 jenis, yaitu: eksim atopik, dermatitis kontak, eksim dishidrotik, eksim numular, eksim seboroik, dan eksim stasis.

Di antara ketujuh eksim tersebut, eksim atopik adalah yang paling umum terjadi. Penyakit eksim dikenal sulit untuk hilang sepenuhnya dan dapat muncul beberapa kali di sepanjang hidup penderitanya.

Penyebab Eksim

Berbagai hal dapat menjadi penyebab utama terjadinya eksim, termasuk faktor lingkungan dan juga faktor genetik. Misalnya, saat sistem imun tubuh mendeteksi alergen atau penyebab iritasi dari luar atau dalam tubuh, kulit dapat memicu munculnya pembengkakan atau iritasi pada kulit.

Ciri-Ciri Penyakit Kulit Eksim

Kamu mungkin familiar dengan gejala umum pada eksim, yaitu kulit memerah dan kering yang diikuti dengan rasa gatal. Setiap orang dapat memiliki gejala eksim yang berbeda-beda, mulai dari gejala eksim pada anak kecil hingga orang dewasa.

READ  Tes Fungsi Hati, Ini yang Harus Anda Ketahui

Meskipun dapat dialami oleh berbagai kalangan dan jenis kelamin, eksim bukanlah penyakit menular. Jika Kamu mengalami asma dan alergi, Kamu berpotensi tinggi terkena eksim. Akan tetapi, eksim tidak memiliki obat yang menyembuhkan sepenuhnya.

Adapun ciri-ciri umum dari penyakit kulit eksim adalah:

  1. Perubahan Warna Kulit

Munculnya ruam atau kulit memerah merupakan salah satu gejala umum dari penyakit eksim. Perubahan warna kulit ini mungkin gejala yang paling mudah terlihat mata.

Selain ruam merah, perubahan warna kulit akibat eksim dapat memunculkan warna keabu-abuan, kecoklatan, hingga ungu pada sebagian warna kulit yang agak gelap.

  1. Rasa Gatal

Jika Kamu merasa gejala kulit memerah diikuti dengan rasa gatal, bisa jadi kamu mengalami salah satu gejala eksim. Rasa gatal dapat bervariasi dari gatal ringan hingga rasa gatal yang cukup parah.

READ  Rahasia Jitu RTV Slot Tertinggi Hari ini Di jamin Menang!

Bagi sebagian orang, rasa gatal dapat bertambah parah yang membuat penderitanya menggaruk hingga berdarah. Situasi ini dikenal sebagai “siklus gatal-garuk”.

  1. Kulit Kering dan Bersisik

Dilansir dari Health Line, para penderita eksim tidak memproduksi cukup protein bernama filaggrin, yaitu filamen yang berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Maka dari itu, salah satu gejala umum eksim adalah kulit yang kering dan bersisik.

Penderita eksim dapat merasakan kulit kering yang seperti menebal dan mengelupas. Diikuti dengan rasa gatal, kulit bersisik ini dapat memicu luka jika digaruk.

Kulit yang kering juga akan terasa sensitif karena digaruk. Umumnya, eksim bisa ditemukan di area tangan, leher, lipatan siku, mata kaki, lutut, kaki, dan di sekitar mata.