Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai Wanita

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker paling umum di dunia. Berdasarkan data dari WHO, terdapat 2,3 juta wanita yang terdiagnosis kanker payudara dan 685,000 kematian secara global pada tahun 2020.

Terhitung hingga akhir tahun 2020, ada 7,8 juta wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara dalam 5 tahun terakhir.

Kanker payudara umumnya menyerang wanita di usia pasca menopause. Memahami penyebabnya sejak dini adalah salah satu langkah yang dapat diambil untuk dapat lebih waspada terhadap risiko kanker payudara.

  1. Usia

Risiko terkena kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun dan yang telah mengalami menopause.

Berdasarkan data dari WebMD, sekitar 80% wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara setiap tahun berusia di atas 45 tahun, dan sekitar 43% berusia 65 tahun atau lebih.

  1. Faktor Keturunan

Riwayat kanker payudara pada keluarga berperan juga dalam meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Bukan hanya riwayat kanker payudara, ternyata memiliki kerabat dengan riwayat kanker ovarium juga berpengaruh.

Adanya gen yang bernama BRCA1 dan BRCA2 yang berfungsi sebagai pelindung dari kanker payudara dan ovarium dapat meningkatkan kecenderungan terkena kanker payudara dan ovarium ketika gen-gen tersebut rusak atau mengalami mutasi (perubahan). Ada kemungkinan gen ini diturunkan dari orang tua ke anak.

  1. Riwayat Kanker atau Benjolan di Payudara

Seseorang yang pernah menderita kanker payudara lebih mungkin untuk terkena lagi daripada orang yang tidak ada riwayat penyakit tersebut. Bukan hanya itu, beberapa jenis benjolan payudara non-kanker pun bisa meningkatkan risiko terkena kanker di kemudian hari.

  1. Riwayat Sistem Reproduksi

Mengalami periode menstruasi dini atau sebelum usia 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun membuat wanita terpapar hormon estrogen lebih lama. Akibatnya, ada peningkatan risiko terkena kanker payudara.

  1. Riwayat Terpapar dengan Radiasi

Dilansir dari Breast Cancer Prevention Partners (BCPP), ionizing radiation, adalah segala bentuk radiasi dengan energi yang cukup untuk memutuskan ikatan kimia dalam molekul, termasuk molekul DNA, sehingga mengganggu fungsi normalnya.

Bukti dari studi tentang paparan terhadap radiasi di bidang medis serta bencana skala besar seperti paparan radiasi dari bom atom di Jepang telah menunjukkan bahwa radiasi dapat menyebabkan kanker payudara.