Beranda Health Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

116
0
Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui
Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Keluhan payudara nyeri sebelah kiri paling sering muncul akibat perubahan kadar hormon dan biasanya selama menstruasi atau hamil. Meski begitu, keluhan ini sebaiknya tidak diabaikan, terlebih bila disertai gejala yang mengarah pada penyakit tertentu.

Keluhan nyeri payudara bisa muncul pada salah satu payudara saja, misalnya hanya payudara sebelah kiri. Rasa nyeri yang muncul bisa bersifat ringan, tetapi bisa pula terasa menyakitkan. Hal ini membuat banyak wanita khawatir bila nyeri payudara yang muncul ada kaitannya dengan penyakit tertentu, seperti kanker payudara.

READ  Pembalut Kain, Ketahui Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Padahal, payudara nyeri sebelah kiri maupun kanan umumnya tidak disebabkan oleh kondisi serius dan dapat hilang atau mereda dengan sendirinya seiring waktu.

Penyebab Payudara Nyeri Sebelah Kiri

Ada beragam penyebab payudara nyeri sebelah kiri yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Siklus menstruasi

Penyebab nyeri payudara atau mastalgia, baik pada kedua payudara atau hanya payudara kiri saja, umumnya berkaitan dengan siklus menstruasi. Rasa nyeri tersebut dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon yang terjadi menjelang masa menstruasi.

Namun, keluhan ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya saat awal menstruasi atau selesai menstruasi.

  1. Kehamilan
READ  Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai Wanita

Nyeri payudara kiri dan kanan bisa menjadi gejala awal kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi karena pengaruh dari perubahan hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin yang terjadi selama kehamilan.

Selain nyeri, payudara akan tampak bengkak dan puting payudara juga terasa lebih sensitif. Gejala awal kehamilan ini memang sekilas mirip dengan gejala sindrom pramenstruasi. Namun, payudara sensitif dan nyeri yang muncul karena kehamilan cenderung lebih intens.

  1. Menyusui

Menyusui juga bisa menyebabkan nyeri payudara, baik pada payudara kanan maupun payudara kiri. Hal ini umum terjadi karena produksi ASI yang melimpah dan biasanya akan mereda setelah ASI dikeluarkan.

READ  Berapa Kadar Gula Darah Puasa Normal Menurut WHO?

Selain pengaruh produksi ASI, saluran ASI tersumbat atau mastitis juga bisa memicu payudara kiri maupun kanan terasa nyeri. Kondisi tersebut umumnya dapat diatasi dengan cara sederhana, seperti mengompres payudara dengan air hangat dan memijat payudara secara lembut.