Perluas Pasar Ekspor, Gesits Kapalkan 72 Unit Motor Listrik ke Nepal

PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku prinsipal dan manufaktur motor listrik Gesits melakukan ekspansi ekspor ke negara Nepal pada pada Kamis (29/12) lalu. Aktivitas bisnis ini terwujud setelah adanya kesepakatan antara WIMA dengan Vivek Automobiles Pvt Ltd.

Di tahap pertama, Gesits mengirimkan 72 unit motor dalam bentuk Completely Knock Down (CKD). Seremoni pelepasan dilakukan di pabrik WIMA yang berlokasi di kawasan Industri WIKA, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Utama PT WIMA, M Samyarto mengatakan, Gesits di bawah payung bisnis WIMA berkomitmen untuk terus melebarkan tujuan ekspor ke luar negeri. Selain meningkatkan devisa negara, misi lain juga untuk membanggakan Indonesia lewat motor listrik asli lokal di pasar internasional.

“Pencapaian ekspor WIMA hingga 2022, semakin membuktikan kualitas sepeda motor listrik karya anak bangsa, memiliki daya saing yang tinggi dan semakin diminati pengguna sepeda motor di pasar luar negeri. Sampai saat ini WIMA telah mengirimkan ratusan unit Gesits ke mancanegara baik Asia Tenggara, Afrika, dan Australia,” kata Samyarto.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Vivek Automobiles Pvt Ltd, Vijay Kumar Mahato mengungkapkan alasan utama mengekspor motor listrik ke Nepal karena didasari kenaikan harga bahan bakar. Dengan penggunaan motor listrik bisa menjadi alternatif dan solusi penghematan.

“Kendaraan listrik merupakan kendaraan yang hemat dan efisien, dan setelah saya cari informasi ternyata Indonesia telah memproduksi kendaraan listrik yang berkualitas, yaitu Gesits,” pungkasnya.

Debut internasional Gesits dimulai lebih dulu dengan mengekspor ke negara Senegal, Afrika Barat pada Oktober 2021 lalu. Pada tahap pertamanya, sebanyak 1 kontainer motor listrik dikapalkan menuju Senegal. Aktivitas ini adalah capaian lanjutan setelah Gesits diperkenalkan pertama kali di Promenade De Thiessies, Thie pada 8 Juni 2021 lalu.

Di pasar dalam negeri, Gesits bisa dibilang sebagai pioner motor listrik. Cukup lama mengandalkan Gesits G1 dalam beberapa tahun bisnisnya, kini pada akhir 2022 mereka merilis motor listrik baru yang diberi nama Gesits Raya.

Gesits Raya dijual dengan harga Rp27.990.000 atau lebih murah Rp980 ribu dari model pertama G1. Varian baru ini tampil lebih segar dengan pendekatan desain motor listrik yang tangguh di mana menggunakan model stang naked mirip dengan Yamaha X-Ride dan Honda BeAT Street.

Spesifikasi yang diusung dari Gesits Raya serupa dengan G1. Dia dibekali baterai Li-NCM 72 Volt 20Ah. Rancang dinamo listrik 5 kW-nya mampu menyemburkan tenaga maksimal 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm. Adapun untuk lama pengisian baterai butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam.