Posisi terbaik router untuk optimalkan WiFi di rumah

Sahabat Tek mungkin sering mengalami kendala dengan koneksi internet yang digunakan di rumah. Apapun penyedia layanan internet yang dimiliki atau berapa banyak perangkat yang online, koneksi Anda selalu lambat.

Ada banyak faktor yang dapat menentukan kecepatan internet. Dan salah satu faktor terpenting adalah lokasi router, menurut CNET (2/1). Sangat penting untuk menempatkan router di tempat terbaik. Berikut ini, Tek.id bagikan posisi terbaik untuk meletakkan router.

Pilih lokasi pusat

Router mengirimkan sinyal ke segala arah, jadi jika meletakkannya di sudut rumah, sebagian besar jangkauan nirkabel hanya akan dikirim ke luar rumah. Itulah sebabnya, memindahkan router ke lokasi pusat atau sentral adalah pilihan tepat untuk mengoptimalkan sinyal.

Letakkan setinggi mungkin

Router cenderung menyebarkan sinyal terkuatnya dari atas ke bawah, jadi sebaiknya pasang router setinggi mungkin untuk memaksimalkan jangkauan. Mungkin Anda dapat meletakkannya di rak buku yang tinggi atau di bagian atas dinding.

Hindari barang elektronik lain

Cobalah untuk memilih lokasi yang jauh dari barang elektronik dan benda logam besar. Semakin banyak dinding, penghalang besar, dan elektronik di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sinyal akan terganggu.

Salah satu jenis perangkat elektronik yang harus dihindari secara khusus adalah microwave, yang memancarkan sinyal kuat di pita 2,4GHz, pita nirkabel yang sama dengan yang digunakan router Anda. Anda juga harus berhati-hati agar tidak menempelkan router di belakang TV besar, yang dapat menyebabkan interferensi elektronik sekaligus memblokir atau mengganggu sinyal secara fisik.

Bersamaan dengan elektronik, awasi furnitur besar yang mungkin membatasi jangkauan sinyal. Wi-Fi tidak berjalan dengan baik melalui air, misalnya. Jadi jika Anda memiliki akuarium di rumah, jangan letakkan router di sekitar tempat itu.