Spesifikasi Motor Listrik Baru Gesits Raya Sama dengan G1, Ini Lengkapnya

Gesits meluncurkan motor listrik terbarunya yang diberi nama Raya. Belum ada seremoni peluncuran secara offline, namun informasi terkait produk baru ini sudah diumbar oleh akun Instagram @gesitsbintaro.

Dalam postingan Instagram tersebut, Gesits Raya memiliki kemiripan dengan bocoran purwarupa di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Republik Indonesia. Desain tersebut dipatenkan sejak 29 Juni 2021 dengan nomor pengumuman A00202102517.

“Gesits mempersembahkan kejutan manis di akhir tahun ini yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Gesits Raya lahir dan hadirkan sensasi berkendara yang sangat menyenangkan,” tulis akun Instagram @gesitsbintaro.

Tenaga penjual Gesits yang kami hubungi mengatakan, bila spesifikasi yang diusung varian Raya memiliki kemiripan dengan model pertama Gesits G1. Sementara untuk harganya dijual Rp27.990.000 OTR Jakarta atau lebih murah Rp980 ribu ketimbang G1. “Spesifikasi masih dengan G1, unit sudah ready di Bintaro (Tangerang Selatan),” katanya.

Perbedaan paling terlihat, lanjut wiraniaga, ada di desain dan tampilan. Kemudian Gesits Raya menggunakan panel meter berlatar warna monochrome yang berbeda dengan G1 yakni full color.

Spesifikasi

Merujuk keterangan tenaga penjual yang menyebut bila spesifikasi Gesits Raya sama dengan G1 mari kita bedah performa motor listrik ini.

Gesits Raya dibekali dengan baterai Li-NCM 72 Volt 20Ah. Rancang dinamo listrik 5 kW-nya mampu menyemburkan tenaga maksimal 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm.

Komponen baterai ini diklaim bisa melaju hingga 50 km dalam 1 kali pengisian penuh. Gesits Raya juga dijelaskan memiliki 2 slot baterai, yang bila difungsikan secara menyeluruh motor ini bisa digunakan sampai 100 km. Sementara untuk durasi pengisian baterai butuh waktu 3 sampai 4 jam.

Dinamo listrik pada Gesits menggunakan model Mid Drive yang kemudian disambungkan ke roda belakang menggunakan komponen belt.

Rancang Kaki-kaki dan Rem
Dari gambar yang diunggah, komponen kaki-kaki dari Gesits Raya juga terlihat masih sama dengan G1. Di mana kedua peleknya menggunakan cast wheel 14 inci. Ban depan pakai ukuran 80/80 dan di belakang usung ukuran 100/80.

Adapun untuk suspensi depan pakai model teleskopik yang dikombinasi dengan suspensi belakang model monoshock. Seluruh pengereman sudah pakai tipe cakram dengan komposisi 2 piston depan dan 1 piston di roda belakang.

Fitur
Kemungkinan besar Gesits Raya juga akan dibekali dengan fitur yang sama dengan G1. Terlepas perbedaan pada panel meter, produk terbaru ini dibekali dengan penerangan full LED, fitur gigi mundur (reverse mode), dan 3 mode berkendara.

Bisa jadi juga Gesits Raya akan disematkan peranti konektivitas berbasis Bluetooth yang bisa diakses informasi lewat aplikasi di gawai. Teknologi ini sebelumnya sudah dipasang pada G1 yang jadi produk andalan Gesits.