Suzuki Luncurkan Jimny Versi 5 Pintu, Begini Tampangnya

Setelah beberapa kali terciduk sedang tes jalan, Suzuki Jimny versi 5 pintu resmi debut secara global di India Auto Expo 2023. Mobil ini menjadi pelengkap Jimny versi 3 pintu yang lebih dulu hadir.

Suzuki Jimny 5 pintu rencananya mulai dijual pada bulan Mei 2023 mendatang dan bakal diekspor ke ke negara lain di luar India. Untuk saat ini Suzuki Jimny 5 pintu akan diproduksi di pabrik Suzuki di Gurugram plant, India.

Jimny tersebut dirancang untuk konsumen yang menyukai ketangguhan dan kapabilitas untuk melintasi jalanan off-road, namun membutuhkan kepraktisan lebih melalui adanya tambahan kursi penumpang.

Eksterior
Suzuki Jimny 5 pintu tidak seleruhnya baru. Mobil ini pada dasarnya adalah Jimny 3 pintu standar dengan bodi yang diperpanjang, terlihat dengan adanya tambahan akses masuk di baris kedua.

Begitu juga dengan dimensi keseluruhan body. Jimny 5 pintu mempunyai panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm dan jarak wheelbase 2.590 mm. Sedangkan model Jimny sebelumnya memiliki ukuran lebar seperti versi 5 pintu, kecuali untuk panjang di angka 3.645 mm dan jarak antar sumbu roda 2.250 mm.

Selain perbedaan ukuran bodi, Jimny 5 pintu mempertahankan desain yang sama seperti Jimny 3 pintu. Sebagai contoh fascia depan masih serba mengotak dengan lampu bulat, lalu fender roda masih menonjol keluar dan di sektor buritan tersedia ban cadangan eksternal.

Pintu baris kedua nampak lebih pendek dibanding pintu pertama. Ukuran kacanya pun tidak begitu besar dan sebagai pelengkap ada tambahan kaca kecil untuk area bagasi.

Interior
Sama seperti bocoran spy shot yang tersebar, Jimny 5 pintu mempertahankan desain dasbor serupa Jimny 3 pintu. Hal ini terlihat dari bentuk dasbor, switchgear dan deretan fitur yang tidak berbeda pada model terbaru ini.

Yang berbeda terletak di belakang kursi baris pertama. Jimny 5 pintu disematkan dua tempat duduk besar, di mana sebelumnya hanya terlihat sebagai aksesori tambahan. Kedua jok ini juga mendapatkan sandaran kepala dan fitur ISOFIX.

Bahkan dalam salah satu foto resmi dari Suzuki, jok depan bisa ditidurkan dengan rata dan dibuat menyambung dengan kursi belakangnya. Fitur ini mirip seperti “Lounge Mode” pada Toyota Avanza-Veloz dan Daihatsu Xenia terbaru di Indonesia.

Fitur Keselamatan
Fitur keselamatan Suzuki Jimny tidak ada bedanya dengan Jimny 3 pintu versi global saat ini. SUV berdesain mengotak ini mengandalkan sasis Heartect, tersedia dengan 6 airbags, mempunyai Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Namun fitur canggih seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) sepertinya masih absen pada Jimny 5 pintu, lantaran peranti tersebut tidak ditunjukkan pada deretan foto resmi yang disebarkan.