Tips Mengemudi Irit Konsumsi Bahan Bakar

Kendaraan yang hemat konsumsi bahan bakar jadi salah satu keinginan kita semua. Tapi hemat BBM tentunya tak bisa didapatkan begitu saja. Selain kondisi mobil, kemampuan mesin, cara Anda mengemudi juga ikut menentukan. Selain itu harga BBM yang semakin mahal, dan ketersediaan bahan bakar pun akan cepat habis jika penggunaannya tidak diperhatikan dan dihemat.

Ada beberapa tips ringan yang bisa Anda lakukan agar konsumsi bahan bakar kendaraan Anda bisa seirit mungkin.

  1. Periksa Tekanan Udara Ban

Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara sering terlupakan padahal sangat penting. Tak hanya soal keamanan tapi juga mempengaruhi konsumsi BBM. Sebagai contoh, jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Apalagi jika penumpang di dalam mobil juga banyak, otomatis bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

  1. Membawa Barang Seperlunya

Semakin banyak barang yang dibawa semakin berat bobot dan semakin berat pula mobil untuk berakselerasi. Agar mobil kamu irit BBM, singkirkan barang yang tidak perlu dari bagasi. Mengangkut barang di atas atap juga tidak disarankan karena akan menyebabkan hambatan angin yang lebih besar sehingga memperlambat laju mobil.

  1. Manajemen Perjalanan

Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

  1. Jaga Emosi di Mobil

Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, AutoFamily tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas. Jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain sehingga membuat konsumsi bensin bertambah.

  1. Mengemudi dengan Santai dan Halus

Selepas menyalakan mesin, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berjalan. Pastikan segala keperluan, seperti kartu etoll, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.