Tips Meningkatkan Customer Engagement Untuk Bisnis Kamu

Customer Engagement adalah salah satu landasan agar bisnis yang kamu miliki bisa sukses. Tidak ada bisnis yang dapat berkembang jika tidak ada pelanggan yang mau mengeluarkan uang di dalamnya. Oleh karena itu semakin sering kamu terlibat dan melakukan komunikasi dengan pelanggan, maka itu sudah menjadi modal untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki.

Jika pelanggan kamu memahami dan merasa seolah-olah mereka mengetahui bisnis yang kamu jalankan, kemungkinan besar mereka akan tertarik membeli dari bisnis kamu, dan tidak kalah pentingnya mendorong pelanggan baru untuk melakukan hal yang sama.

Mengetahui bahwa kamu perlu menarik minat pelanggan dan benar-benar melakukannya adalah dua hal yang berbeda, dan dapat menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menentukan apa yang perlu kamu lakukan untuk membuat perbedaan yang tepat. Dengan mengingat hal tersebut, berikut kami uraikan cara untuk meningkatkan Customer Engagement yang dapat mengembangkan bisnis kamu.

Membuat Komunitas

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan Customer Engagement adalah dengan membuat komunitas. Jika kamu dapat melakukan ini, maka pelanggan kamu akan secara efektif mengurus diri mereka sendiri setelah beberapa waktu. Mereka akan menikmati waktu mereka dengan orang lain yang memiliki pemikiran yang sama, membahas tentang bisnis kamu, menggunakannya dan memiliki kesenangan tersendiri merupakan titik awal untuk memperkuat branding dari bisnis yang kamu miliki.

Ketika kamu membangun sebuah komunitas, baik itu dengan menggunakan media sosial atau melalui program loyalty, kamu akan menemukan bahwa orang-orang yang bergabung ke dalam komunitas telah melakukan banyak pemasaran untuk bisnis kamu, dan pastinya dengan sedikit masukan dari kamu. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran pemasaran yang lebih besar.

Komunitas akan membagikan postingan atau informasi bisnis kamu secara sukarela, mendiskusikan produk terbaru, dan meningkatkan profil bisnis kamu sehingga dapat memperoleh lebih banyak pelanggan dan membuat semua orang senang.

Meminta Feedback

Cara lain yang sangat efektif untuk menciptakan Customer Engagement yang baik adalah dengan meminta feedback langsung ke pelanggan kamu. Mungkin kamu akan menemukan bahwa pelanggan kamu merasa senang ketika mereka menerima layanan yang baik dari bisnis kamu, dan mereka tidak akan mengatakan hal tersebut jika kamu tidak memintanya.

Itulah kenapa kamu akan sering menerima email atau sebuah pesan yang meminta kamu untuk memberikan ulasan setelah kamu membeli sebuah barang secara online. Ini merupakan cara yang baik untuk mengingatkan pelanggan agar memberikan beberapa ulasan terkait apa yang mereka pikirkan tentang bisnis kamu.

Mengirimkan pengingat semacam ini bukan berarti semua orang akan memberikan ulasan, tapi dengan hal ini akan meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan ulasan yang lebih banyak, dan itu akan sangat berguna. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan sebuah insentif seperti tautan kupon, atau diskon belanja, yang membuat kamu akan mendapatkan lebih banyak interaksi.

Pada umumnya, ulasan bisa bersifat pribadi. Jika seseorang tidak mau memberikan ulasan, mungkin dia ingin memberitahu kamu tentang apa yang mereka rasakan secara positif atau negatif tentang pembelian yang mereka lakukan di bisnis kamu. Jika kamu menemukan pribadi seperti ini, jangan ragu untuk meminta ulasan dari mereka, baik buruknya ulasan mereka pastinya akan menjadi pondasi untuk membangun bisnis kamu lebih baik lagi. Berikan perubahan disekitarnya, ini akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu mendengarkan dan menghargai pendapat mereka.

Tunjukkan Proses Dibalik Layar

Jika kamu bisa menunjukkan pelanggan kamu apa yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis dengan memberikan sekilas beberapa hal dibalik layar, maka ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan Customer Engagement. Hal ini menunjukkan bahwa kamu dapat dipercaya, dan akan sangat menarik untuk mereka yang mengikuti kamu atau mereka yang berpikir untuk membeli sesuatu dari bisnis yang kamu miliki.

Sebagai contoh, kamu bisa menampilkan proses bagaimana alur produksi bisnis kamu, memperkenalkan pelanggan kamu dengan karyawan yang bekerja, atau bahkan mengajak mereka untuk berkeliling dan mengenal lebih dekat bisnis yang kamu jalankan. Hal-hal seperti ini pastinya akan meningkatkan engagement yang lebih besar.