Vertigo: Sakit Kepala yang Jadi Tanda Penyakit Serius

Penyakit vertigo tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, jika serangan vertigo yang dialami cukup berat dan diidap dalam kurun waktu lama. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala dan menghindari penyebabnya.

Dalam banyak kasus, vertigo dapat diatasi tanpa pengobatan apapun. Hal ini dikarenakan tubuh dapat secara alami dapat beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam untuk menjaga keseimbangan.

Vertigo ringan dapat diatasi dengan beristirahat ketika gejala mulai kambuh. Namun, jika vertigo yang dialami bergejala berat, maka perlu pengobatan segera mungkin. Pengobatan untuk vertigo sendiri tergantung pada penyebabnya.

Berikut adalah beberapa perawatan yang dilakukan untuk mengobati vertigo:

  1. Terapi Rehabilitasi Vestibular

Jenis terapi fisik ini direkomendasikan saat kamu mengalami gejala vertigo berulang. Manfaatnya sendiri adalah untuk melatih indra dan otak agar beradaptasi dengan masalah keseimbangan. Umumnya, terapis akan memberikan latihan keseimbangan yang dapat dilakukan di rumah, Kamu.

  1. Prosedur Reposisi Canalith

Pengobatan satu ini dilakukan khusus untuk BPPV yang melibatkan gerakan khusus kepala dan tubuh. Berbagai gerakan ini dilakukan untuk mengatur ulang keseimbangan dalam telinga sehingga gejala vertigo bisa berkurang. Sama dengan terapi rehabilitasi vestibular, jenis terapi fisik ini juga dapat dilakukan di rumah.

  1. Obat-obatan Khusus

Beberapa kasus vertigo juga dapat diobati dengan obat-obatan khusus. Biasanya, jenis obat antihistamin diberikan untuk meredakan pusing, kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, dan obat migrain untuk mengurangi nyeri kepala. Sementara penyakit Meniere biasa diberikan obat diuretik untuk mengurangi cairan.

  1. Menjalani Operasi

Apabila vertigo disebabkan oleh penyakit yang serius, seperti tumor atau cedera kepala atau leher. Dokter biasanya akan menganjurkan untuk dioperasi, sehingga bisa membantu meringankan vertigo.